Studi literatur: Penggunaan Software Matematika Scratch terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa tingkat Sekolah Dasar
Abstract
The aim of this study was to systematically find out the use of scratch arithmetic software against the computational thinking ability of elementary school students using literature study methods. Computational thinking is an important skill that students should develop from an early age to prepare them for the challenges of the 21st century. The method used in this study is a literature sales system to collect, analyze, and synthesize research findings on the use of scratch to improve computing thinking skills in elementary school students. Data sources come from Indonesian and English-language academic journals. Through exciting and fun visual programming activities, Scratch helps students improve their problem-solving skills, creativity, and collaborative skills. Scratch can also boost students’ interest in mathematics and computer science.
References
Afrilianto, M., Rosyana, T., & Linda, L. (2022). Aplikasi Scratch berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan berpikir kreatif matematik di era society 5.0. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2545-2554.
Chaerunnisa, N. A., & Bernard, M. (2021). Analisis minat belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan media Scratch. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), vol 4(6), hal. 1577-1584.
Chasanuddin A, dkk. (2022). Pelatihan Aplikasi Scratch Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Pada Guru. Kifah Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol 1(2), hal. 153 – 168
Darwis, M, dkk. (2023). Peningkatan Kemampuan Computational Thinking dalam Persiapan Tantangan Bebras 2022 Pada Siswa SD Kanaan Jakarta. I-Com: Indonesian Community Journal, vol 3(2), hal 452-462
Endah S, Nur, dkk. (2020). Pembinaan Pola Pikir dan Informatika pada Siswa Sekolah Dasar. E-DIMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol 11(1), hal 1-6
Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematis, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), hal. 119-130
Ibrohim, M Maulana. (2022). Efektivitas Penggunaan Scratch dalam Meningkatkan Keterampilan Computational Thinking Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, Vol 5, hal. 657 – 676
Inasari L, dkk. (2023). Pengembangan instrumen tes computational thinking Siswa Sekolah Dasar melalui analisis RASCH model. COLLASE Creative of Learning l Students Elementary Education, vol 6(1), hal. 102 – 110
Khalil N, Azra, M Risky Wardana. (2022). Pengembangan.edia Pembelajaran Matematika menggunakan Aplikasi Scratch untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Kiprah Pendidikan, vol 1(3), hal. 121 – 130
Nabilah A, Putri, dkk. (2024). Penggunaan Media Scratch Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, vol 8(1), hal. 1975 – 1986
Nuursya’baani, M Budhi, dkk. (2022). Eksplorasi Computational Thinking Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Interaktif Scratch. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, hal. 750 – 755
Pratama, A. (2018). Pengaruh pengajaran pemrogaman animasi melalui aplikasi Scratch pada Kemampuan pemecahan masalah. Joined Journal (Journal of Informatics Education),1(1), 24-31
Pratiwi, A. P., & Bernard, M. (2021). Analisis minat belajar siswa kelas V sekolah dasar pada materi Satuan Panjang dalam pembelajaran menggunakan media Scratch. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 891-898.
Rozady M, P.N, Yosafat P. Koten. (2021). Scratch sebagai Problem Solving Computational Thinking dalam Kurikulum Prototipe. Jurnal In Create (Inovasi dan Kreasi dalam Teknologi Informasi), vol 8, hal. 11 – 17
Widiningrum, W Nugraheni, Dkk. (2021). Meta-Analisis media scratch terhadap keterampilan computational Thinking siswa SMA dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, Vol 8(1), hal. 1 – 8
Yadav, A., Gretter, S., Good, J., & McLean, T. Computational Thinking in Teacher Education (Emerging Research, Practice, and Policy on Computational Thinking, 205-220, 2017)
Yulianisa, A., & Sudihartinih, E. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika materi Perkalian Aljabar berbasis aplikasi Scratch. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(2), hal 142-156
Yunianto, T., Negara, H. S., & Suherman, S. (2019). Flip Builder : Pengembangannya Pada Media Pembelajaran Matematika. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), hal 115–127.
Zahid M, Zuhair, dkk. (2021). Scratch Coding for Kids: Upaya Memperkenalkan Mathematical Thinking dan Computational Thinking pada Siswa Sekolah Dasar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, vol 4, hal. 476 – 486
Copyright (c) 2024 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.