Systematic Literature Review: Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Scratch

Array

Authors

  • Siti Zia Hadatul Hasanah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yahfizham Yahfizham Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i3.732

Keywords:

Computational Thinking, Computin, Elementary School, Scartch

Abstract

The increasing need for the use of technology in all sectors, especially in the education sector, is the formation of student-oriented learning. This provides new challenges in the 21st century which now require students to mature not only in science and simple thought processes but also the ability to create and develop what is needed in the 21st century. The Ministry of Education, Culture, Research and Technology declares that participants Students must have Computational Skills (CT). To obtain problem-solving skills, students should emphasize computational learning in elementary schools so that students are able to face existing challenges and have computational skills from an early age. One technology that is suitable for application in elementary school learning is Scratch, a programming application designed specifically for beginners, especially children. The author's aim in conducting this research was to analyze the computational abilities of elementary school students using Scarch. The method the author uses is the Review Literature Study method, by reviewing previous journals related to the topic the author discusses.

References

Aini, N. (2018). Pengaruh kualitas pengajaran guru dan kebiasaan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada peserta didik di SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2).

Amalia, N. N., & Pramusinto, H. (2020). Pengaruh persepsi, efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru. Business and Accounting Education Journal, 1(1), 84–94.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Pustaka Pelajar.

Arsitta, D. (2018). Pengaruh persepsi mahasiswa tentang kesejahteraan guru dan prestasi belajar terhadap minat menjadai guru ekonomi pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FKIP UNS. Skripsi.

Beniwal, R. (2020). Role of soft skills in teacher education. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), 8(5), 2076–2082. https://doi.org/www.ijcrt.org

Hidayat, Y. (n.d.). Pengaruh pembelajaran mikro (microteaching) dan program pengalaman lapangan terhadap minat menjadi guru. 2017(1222040035).

Maharbid, D. A. (2021). Analisis soft skill mahasiswa calon guru sekolah dasar pada program pengenalan lapangan persekolahan. Elementary Journal, 4(2).

Malitna, A. (2022). Pengaruh efikasi diri dan persepsi mahasiswa tentang kesejahteraan guru terhadap minat menjadi guru (survei pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi tahun angkatan 2017. http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7536

Masrotin, M., & Wahjudi, E. (2021). Peran efikasi diri dalam memediasi pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 178–189. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p178-189

Maulini, U. (2021). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dan bimbingan guru pamong terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa jurusan PIPS angkatan 2017 Universitas Jambi. 3(2), 6.

Nasrullah, M., Ilmawati, I., Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. (2018). Minat menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran fakultas ilmu sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Aministrare, 5(1), 1–6. https://ojs.unm.ac.id/administrare/article/view/6490

Putri, D. A., Harini, & Nugroho, J. A. (2018). Pengaruh persepsi mahasiswa tentang kesejahteraan guru dan prestasi belajar terhadp minat menjadi guru ekonomi program studi pendidikan ekonomi FKIP UNS. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 33(1), 8–18.

Rahmadani. (n.d.). Pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan minat menjadi guru terhadap indeks prestasi mahasiswa semester enam Prodi Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Unimed Ta.

Rahmadiyani, S., Sri Hariani, L., & Yudiono, U. (2020). Minat menjadi guru: presepsi profesi guru, pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dan efikasi diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1), 10–23. https://ejournal.unikama.ac.id

Sari, N., Martono, T., & Wahyuni, S. (2017). Pengaruh pembelajaran micro teaching dan program pengalaman lapangan (PPL) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa. Jurnal Universitas Negeri Surakarta, 3(2), 1–14.

Su’ud, A. (1990). Ingatan dan bahasa. IKIP Semarang Press.

Suseno, M. (2020). Mengukur minat profesi guru: instrumen dan teknik validasi. UNJ Press.

FKIP UNS. (2023). Panduan asistensi mengajar.

Wahyu, P. R. (2019). Pengaruh efikasi diri dan pengalaman kajian dan praktik lapangan (KPL) terhadap minat menjadi guru (studi pada mahasiswa program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/manajemen/article/view/82981/0

Wahyunni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh presepsi profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri terhadap minat menjadi guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669–683.

Widya, A. (2022). Pengaruh persepsi mahasiswa FKIP UNS tentang profesi guru dan pengalaman pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dengan minat menjadi guru.

How to Cite

Siti Zia Hadatul Hasanah, & Yahfizham Yahfizham. (2024). Systematic Literature Review: Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Scratch: Array. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(3), 90–97. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i3.732

Most read articles by the same author(s)