Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Dengan Memanfaatkan Media Gambar Seri di SD Negeri 1 Krasak Bangsri
DOI:
https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i5.777Keywords:
Keterampilan Menulis Karangan, Media Gambar Seri , Penelitian Tindakan Kelas, Siswa Sekolah Dasar , Stimulasi ImajinasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa di SD Negeri 1 Krasak Bangsri dengan memanfaatkan media gambar seri. Keterampilan menulis karangan merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar, namun dalam praktiknya, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide dan menyusun karangan yang baik. Media gambar seri dipilih sebagai alat bantu pembelajaran karena dapat merangsang imajinasi dan membantu siswa dalam mengorganisasikan alur cerita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus, masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Krasak Bangsri. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil tulisan siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, panduan wawancara, dan rubrik penilaian karangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa. Pada siklus pertama, terdapat peningkatan yang signifikan dalam jumlah siswa yang mampu menulis karangan dengan struktur yang baik dan ide yang berkembang. Pada siklus kedua, peningkatan terlihat lebih jelas pada aspek kreativitas dan kohesi antar paragraf. Siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dan lebih mudah dalam menyusun cerita karena terbantu oleh visualisasi yang diberikan oleh gambar seri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media gambar seri efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa di SD Negeri 1 Krasak Bangsri. Penggunaan gambar seri tidak hanya membantu siswa dalam mengembangkan ide, tetapi juga meningkatkan minat dan motivasi belajar mereka. Rekomendasi bagi guru adalah untuk lebih sering memanfaatkan media visual dalam pembelajaran menulis agar hasil yang dicapai siswa lebih optimal.
References
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57.
Subandi, Ahmad. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Sugesti Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas V SDN Arjasa Jember, Jurnal Edukasi Unej.
Husnah, Asmaul. 2022. “Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di Mi Tarbiyatul Ulum Temas Kota Batu” (Skripsi), Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Kusumaningsih, Dewi Dkk. 2020. Terampilan Berbahasa Indonesia, Yogjakarta: Andi Offset.
Oktaviani, Neni. 2021. “Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Penggunaan Media Lagu Pada Siswa Kelas X Ma Nurul Falah Pegedangan Tanggerang” (Skripsi), Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas Islam Negeri Jakarta, Jakarta.
Purwandari, Susi. 2021. ‘’Upaya Meningkatkan Menulis Karangan Narasi Dengan Penggunaan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas Iv Sd Mangir Lor Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul’’,(Skripsi), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahayu, Haryati. 2000/2021. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskipsi Dengan Menggunakan Gambar Berseri Siswa Kelas IV SDN Caturtunggal 3” (Skripsi), Kabupaten: sleman.
Saddhono, Kundharu. 2023. Keterampilan Menulis, Bandung: Karya Putra Darwati. Sanjaya, Hayu Ida. 2019. ‘’Implementasi Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Media Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Sunan Kalijaga Karangbesuki Malang’’ (Skripsi), Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Jannah, M. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Media Gambar Seri Pada Kelas III SD Negeri 55 Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.