Penerapan Model CIRC Berbantuan Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik

Authors

  • Dahlia Lailatul Husnia Dahlia Lailatul Husnia Dahlia Lailatul Husnia
  • Muhammad Irkham Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Syailin Nichla Choirin Attalina Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia

Keywords:

CIRC, Flash card, Membaca permulaan

Abstract

Kemampuan membaca yang rendah menyebabkan proses pembelajaran tidak tercapai sesuai tujuan. Selain itu rendahnya kemampuan membaca dapat menjadikan tidak tercapainya keterampilan Bahasa Indonesia yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampaun membaca permulaan peseta peserta didik kelas 1 sekolah dasar. Penletian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh peserta didik kelas 1 SDN 1 Papasan. Teknik pengumpulan data yang digunkan berupa tes yang diujikan pada peserta didik. Pada hasil penerapan yang telah dilaksanakan kemampuan membaca permulaan peserta didik meningkat dengan baik.

References

ABIDIN, A. M. (2019). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktika, 11(2), 225. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.168

Ali, M. (2021). Peningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar Untuk Kelas 2 Pada Sdn 93 Palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 43–51. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i1.6796

Ayuningrum, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Gagasan Pokok Paragraf Di Sd Islam Pb Soedirman Jakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.29040/jie.v6i2.5698

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Fadjarajani, S., Rosali, E. S., Patimah, S., Liriwati, F. Y., Nasrullah, Sriekaningsih, A., Daengs, A., Pinem, R. J., Harini, H., Sudirman, A., Ramlan, Falimu, Safriadi, Nurdiyani, N., Lamangida, T., Butarbutar, M., Wati, N. M. N., Rahmat, A., Citriadin, Y., … Nugraha, M. S. (2020). Metodologi Penelitian: Pendekatan Multidisipliner. In Metodologi Penelitian Pendekatan Multidisipliner.

Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/566

Fitri, A., Ermiana, I., & Husniati, H. (2022). Pengaruh Media Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Gugus III Kecamatan Ambalawi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2402–2407. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.985

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Herlina, E. S. (2020). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Journal of Science Education Research, 5(4), 11–14.

Jayadi, U. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Menemukan Kalimat Utama Pada Siswa Kelas Iv Sdn 22 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Berajah Journal, 1(1), 21–42. https://doi.org/10.47353/bj.v1i1.17

Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36–42. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.301

Lestari, E. D. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelas 1 Sd Negeri 01 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(2), 112. https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1098

Lewang, S., Muhammadiyah, M., & Madjid, S. (2023). Buku Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC).

LISNA AGUSTA. (2023). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Aleph, 87(1,2), 149–200. https://repositorio.ufsc.br/xmlui/bitstream/handle/123456789/167638/341506.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repositorio.ufsm.br/bitstream/handle/1/8314/LOEBLEIN%2C LUCINEIA CARLA.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://antigo.mdr.gov.br/saneamento/proees

Lusiani, N. W. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Pada Siswa …. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2019), 541–552.

Mufiidah, D. W., Haenilah, E. Y., & Sofia, A. (2019). Pembelajaran berbantuan ICT dengan kemampuan membaca permulaan anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Mustamiroh, M., & Octaviani, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman. Kompetensi, 15(1), 32–38. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.65

Nuraini, E., Iswantiningtyas, V., & Wijaya, I. P. (2022). Pengembangan Wayang Huruf Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7792

Nursani, N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis dengan Menggunakan Media Flashcard di Kelas 1 SDN Kamunti Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6). https://doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1688

Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 397–410. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.979

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406

Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya Strategi Pembelajaran Yang Tepat Bagi Siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 34.

SARI, P. M., & APRILIA, N. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Flash Card Pada Sekolah Dasar Kelas 1a Muhamadiyah Pakel. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(1), 105–112. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i1.2006

Ulfa, N. M. (2020). Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini. Genius, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.35719/gns.v1i1.4

Wahyuni, F. N. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 3(20), 234–243.

Downloads

Published

2025-01-18

How to Cite

Dahlia Lailatul Husnia, D. L. H., Muhammad Irkham, M. I., & Syailin Nichla Choirin Attalina, S. N. C. A. (2025). Penerapan Model CIRC Berbantuan Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(5), 38–48. Retrieved from https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/bersatu/article/view/871