Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penggunaan Media Mebelfot Pada Siswa Kelas 4 SDN 3 Dermolo

Authors

  • Muhammad Wahyu Adi Pratama Muhammad Wahyu Adi Pratama Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Anis Fariqoh Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara https://orcid.org/0000-0002-1825-0097
  • Syailin Nichla Choirin Attalina Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i5.776

Keywords:

Motivasi , Media Mebelfot, SDN 3 Dermolo

Abstract

Peningkatan motivasi belajar melalui penggunaan media belajar mebelfot  pada siswa kelas 4 SDN 3 Dermolo. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang diberikan kepada 14 siswa dan guru mereka. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan media fotosintesis yang menarik dan interaktif secara signifikan meningkatkan antusiasme dan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar. Media yang dirancang agar menarik secara visual dan mudah dipahami membantu memperjelas konsep fotosintesis yang kompleks, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Akibatnya, siswa menunjukkan tingkat motivasi yang lebih tinggi, yang dibuktikan dengan meningkatnya perhatian, rasa ingin tahu, dan kemauan untuk berpartisipasi dalam diskusi kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi media belajar yang tepat sangat penting dalam meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan kinerja akademik mereka secara keseluruhan.

References

Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh metode blended learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1993-2000.
Ana Widyastuti. Merdeka Belajar Dan Implementasinya : Merdeka Guru-Siswa, Merdeka Dosen-Mahasiswa Semua Bahagia. Edited by Resna Anggria Putri. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2022.
Ani, A. F. (2023). Penggunaan Media Wayang Tumbuhan dan Hewan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Siswa Kelas Inklusi VII D Tahun Pembelajaran 2022/2023 Di SMP Negeri 2 Bontang. 3(2), 144–154.
Arieshandy, R. A., Angganing, P., & Riyadi, S. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penggunaan Media Audio Visual. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 47-56.
Aulina, Choirun Nisak. 2018. “Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2 (1): 1–12..
Azhar Arsyad. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Azizah, A., & Fatimah, N. (2022). Pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar ipa siswa kelas v sdn kapopo. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 9-17.
Budiwati, S., & Shinuranti, I. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jurnal Tata Kelola Pendidikan.
Fadlilah, Azizah Nurul. 2020. “Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 373–84.
Fitriana, L. A., Wijayati, N., & Utanto, Y. (2022). The Effectiveness of Android-Based Learning Media on Science Lesson Content to Increase Motivation and Digital Literacy of Grade V Elementary School Students. Journal of Primary Education, 11(1), 105-121.
Heryana, A. (2020). Hipotesis dalam Penelitian Kuantitatif. Hipotesis Dalam Penelitian Kuantitatif HIPOTESIS,1–16.
Indriani, Desy. 2019. “Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar” 3: 4.
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304-1309.
Kurniawan, D. A. (2020). Penggunaan media belajar monopoli untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 10-15.
Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673–682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152
Oktavianti, R., & Wiyanto, A. (2014). Pengembangan Media Gayanghetum (Gambar Wayang Hewan dan Tumbuhan) dalam Pembelajaran Tematik Terintegrasi Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 65–70.
Putri, N. M. A. K., & Suniasih, N. W. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Powerpoint Interaktif Berbasis Kontekstual pada Muatan IPA Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 233-243.
Rahayu, R., dkk. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.
Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. Journal of Education Technology, 3(3), 126-133.
Sari, L. S., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi Canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1699-1703.
Santoso, D. A. (2019). Peran pengembangan media terhadap keberhasilan pembelajaran PJOK di sekolah. InProsiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG)(Vol. 2, No. 1).
Shofia Hattarina, Nurul Saila, Adenta Faradila, Dita Refani Putri, & RR.Ghina Ayu Putri. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1.
Tila dkk. (2020). Analisis Produksi Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Labatila., 3(1), 96–120.

Downloads

Published

2025-02-24

How to Cite

Muhammad Wahyu Adi Pratama, M. W. A. P., Anis Fariqoh, & Syailin Nichla Choirin Attalina. (2025). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penggunaan Media Mebelfot Pada Siswa Kelas 4 SDN 3 Dermolo . Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(5), 49–67. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i5.776