Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Metode Joyful Learning Berbasis Ice Breaking Di SD N 4 Dongos

  • Nur Afif Wahyudin Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Muhammad Rozikul Afnani Universitas Islam Nahdlatul Ulama
  • Syailin Nichla Choirin Attalina Universitas Islam Nahdlatul Ulama
Keywords: Study Concentration, Joyful Learning

Abstract

The low concentration of student learning is caused by the inaccuracy of the learning method used by the teacher when delivering material. The purpose of this study was to increase the learning concentration of class III students at SDN 04 Dongos through the use of the Ice Breaking-based Joyful Learning method on flat shapes. This research is included in quantitative research with the type of experimental research with data collection techniques in the form of questionnaires, observations and interviews. The results to be achieved in this study are the use of the joyful learning method based on ice breaking in learning to increase student learning concentration.

References

Anantyas (Suhardiman, Dkk). (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Joyful Learning dan Everyone Is A Teacher Here Kelas X Teknik Sepeda Motor (Tsm) dan Kelas X Teknik Gambar Bangunan (Tgb) pada Materi Termodinamika. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.1 No. 2.
Aprilia, Dkk. (2014). Penerapan Konseling Kognitif dengan Teknik Pembuatan Kontrak (Contingency Contracting) Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X TKR1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, vol. 2 (1).
Bili, L. D. & Lengo, M. D. (2019). Efektivitas Senam Otak dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 2 (2).
Fathurrohman, Pupuh. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Fraire (Betty, K.). (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning pada Siswa Kelas VII A MTsN 1 Palembang. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 3(1),
Hamzah, A. & Lidia, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kajian Teoritik & Praktik. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Heni, P.P., & Mohammad, A.R. (2019). Keefektifan Ice Breaking dan Problem Based Learning dalam Pembelajaran dikelas. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. Vol. 06, No. 02.
Luthfi, M. F. (2014). Pembelajaran Menggairahkan dengan Ice Breaking. Madinah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 27-29.
Majid, Abdul. (2016). Stategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
Malawi, I., & Tristiar, A. A. (2016). Pengaruh konsentrasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Manisrejo I Kabupaten Magetan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Vol. 3 (02).
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Dedi Ardiyanto, Hutama, H. A., Boru, M. J., Fachrozi, I., Rodriquez, E. I. S., Prasetyo, T. B., & Syaiful Romadhana. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Olahraga. Universitas Negeri Malang
Roflin, E., Dkk.. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam penelitian kedokteran. Pekalongan: NEM
Said, M. (2010). 80+ Ice Breaker Games: Kumpulan Permainan Penggugah Semangat. Yogyakarta: Andi Offset.
Suryati. (2015). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Semester 2 di SMA Negeri 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Yogyakarta: Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Published
2023-07-16
How to Cite
Nur Afif Wahyudin, Muhammad Rozikul Afnani, & Syailin Nichla Choirin Attalina. (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Metode Joyful Learning Berbasis Ice Breaking Di SD N 4 Dongos. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 209-217. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.292