KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG POSITIF

Authors

  • Khairunnisa Nisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Puriandari Angkat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tri Kumala Bintang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i4.492

Keywords:

Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Lingkungan, Positif

Abstract

Kepemimpinan secara umum berarti sebagai kemampuan dalam kesiapan yang dimiliki oleh seseorang untuk mempengaruhi, mendorong, mengajak, membimbing, menggerakkan, mengarahkan orang atau kelompok untuk menerima pengaruh tersebut dan kemudian menciptakan sesuatu yang mungkin membantu mencapai suatu tujuan tertentu. Metode penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara, dimana metode yang digunakan adalah mengumpulkan data dengan cara meminta informasi kepada subjek, metode yang digunakan adalah percakapan langsung. Wawancara atau mengajukan pertanyaan langsung terkait topik penelitian ini dengan salah satu guru. Jurnal ini membahas tentang pentingnya peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan sekolah yang positif. Penelitian ini dilakukan di sebuah madrasah tsanawiyah Darul Ilmi yang beradadi Tanjung Sari.

Author Biographies

Khairunnisa Nisa, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Puriandari Angkat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Tri Kumala Bintang, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Astuti, D. P. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Lingkungan Sekolah Yang Positif. Jurnal Pendidikan, 11(2), 131-140.

Budiyono, D. (2015). Manajemen Sekolah Berbasis Budaya Positif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chairi, A. (2009). Landasan Filsafat dan Metode Penelitian Kualitatif. Discussion Paper.

Cheng, Y. C. (2003). Leadership & Strategy. In T. Bush & L. Bell. The Principles and Practice of Educational Management. London: Paul Chapman Publishing.

Didin Kurniawan dan Imam Machali.(2012).Manajemen Pendidikan : Konsep dan Prinsip pengelolaan pendidikan.Jogyakarta: Ar-Ruzz Media. Hlm. 246.

Doe, J. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Lingkungan Sekolah Yang Aktif Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 10(2), 123-145.

Fattah, N. (2012). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kotter. J. P. (1994). Leading Change. Menjadi Pionir Perubahan. Jakarta: Gramedia.

Menteri Pendidikan Nasional, Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/ Madrasah. Nomor 28 tahun 2010.

Mulyasa, E. (2010). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2015. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murniati. (2008). Manajemen Strajejik: Peran Kepala Sekolah dalam Perberdayaan. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis.

Purwanto, A. (2022). Pengaruh Kebijakan Sekolah terhadap Lingkungan Sekolah yang Positif. Jurnal Pendidikan, 13(2), 196-206.

Sergiovanni., T. J. (2006). The Principalchip A Reflective Practice Perspective. Fifth Edition. Boston: Pearson.

Smith, C. S. & Piele P. K. (2006). School leadership. Handbook for Excellence in Student Learning. California: Corwin Press.

Syah, Muhibbin 2010.Psiklogi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yusuf, A. M. (2014). Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zamroni. (2011). Dinamika Peningkatan Mutu. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.h.87.

Downloads

Published

2024-11-27

How to Cite

Nisa, K., Puriandari Angkat, & Tri Kumala Bintang. (2024). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG POSITIF. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(4), 10–23. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i4.492