Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Mata Pelajaran Pembuatan Busana Kerja Kelas XII Tata Busana SMK NU 2 Blawirejo Kedungpring
DOI:
https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i3.725Keywords:
Analysis, Learning Difficulties, Making Work ClothingAbstract
This study aims to determine (1) the learning difficulties experienced by students in the competence of making work clothes in class XII Cosmetology SMK NU 2 Blawirejo Kedungpring in terms of; a) Affective aspects b) Cognitive aspects c) Psychomotor aspects. (2) the most dominant factor of learning difficulties in the subject of making work clothes in class XII SMK NU 2 Blawirejo Kedungpring from; a) Affective aspects b) Cognitive aspects c) Psychomotor aspects This research is descriptive research. This research was conducted in the odd semester of the 2023/2024 academic year at SMK NU 2 Blawirejo Kedungpring. The population used in this study were 18 students. The data collection technique used a questionnaire with a guttman scale. The results showed that (1) the learning difficulties experienced by students were as follows: (1) the learning difficulties experienced by students are as follows: (2) the most dominant factor of learning difficulties in making work clothes is the cognitive factor, which is included in the high category, namely 12 (69%) experiencing difficulties and the psychomotor aspect is included in the high category, namely 12 (67%) experiencing difficulties (2) the most dominant factor of learning difficulties in making work clothes is the cognitive factor.
References
Aryani, F. 2017. Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pembuatan Pola Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 1 Tempel. Skripsi.
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:CV. Alfabeta
Asmanullah, Angga S. 2019. Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Di Smk Bidang Teknologi Dan Rekayasa Kota Bandung. Skripsi.
Astuti, M. 2010. Pembuatan Busana Kerja Model Blazer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Chasanah, Rahmawati Nur. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Tekstil Tata Busana Di Smk Sosial Islam 1 Prambanan. Skripsi.
Suhana, Cucu. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama
Depdiknas . 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Hambali, Muhamad. 2016. Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dan Elemen Mesin
Di Smk Negeri 2 Wonosari. Skripsi.
Hamzah B. 2014. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, & Implementasi). Yogyakarta: Familia (Group Relasi Inti Media).
Jihad, A. dan Haris, A. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kemendikbud. 2015. Panduan Penilaian Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan
Khoriyah, Umi. 2020. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X Smkn 1 Ngawen. Skripsi.
Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Jogjakarta: Nuha Litera.
Rahman, Ayu Wahyuni. 2017. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Di Smk Negeri 6 Makassar. Skripsi.
Rispriyanto, Indra. 2015. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran Psko Di Smk Muhammadiyah 1 Salam. Skripsi.
Rofiqi, and Moh. Zaiful Rosyid. 2020. Diagnosis Kesulitan Belajar Pada Siswa. Pamekasan: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Rosdianah, Kartinah, dkk. 2019. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Matematika dan Pendidikan Dasar, 1(5), 120-132.
Rusmono. 2017. Strategi Pembelajaran Dengan Probem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia
Setiya, Arum. 2015. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Produktif Pada Siswa Program Keahlian Elektronika Industri Di Smk N 3 Wonosari. Skripsi.
Shidqi, Ayu Fajriani. 2017. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Kompetensi Pembuatan Belahan Dua Lajur Pada Mata Pelajaran Teknologi Menjahit Siswa Kelas X Smk Karya Rini Yhi Kowani Yogyakarta. Skripsi.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Slameto. 2015. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suardi. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Deepublish.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Suharsimi, A. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi V Jakarta: Rineka Cipta
Warsiyanti. 2017. Identikasi Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pembuatan Saku Passepoille Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit Siswa Kelas X Tata Busana Smk N 1 Sewon. Skripsi
Widhi Ayuningsih, Dian. 2020. Modul Busana Kerja. Jombang: SMKN 2 Jombang