Implementasi Kesenian Sintren Melalui Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Mae Afriliani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dini Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rizky Saeful Hayat Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i1.575

Keywords:

Literacy, Literacy Culture and Citizenship, Art Synthetic

Abstract

Sintren art is displayed at village clean-up events, harvest parties, almsgiving and celebrations. The aim of this research is to practice Sintren arts through the cultural and civic literacy of elementary school students. This type of research is library research. Sintren is a form of folk art from the Coast of Central Java and West Java. The Sintren arts performance venue is an open arena. This is to ensure that there are no barriers between the audience, Sintren dancers and their supporters during the performance.

 

References

Aditama, L. D. (2016). Kesenian Sintren Sebagai Kearifan Lokal ditinjau Dari Metafisika

Anton Bakker. Jurnal Penelitian Humaniora UNY, 21(1), 124437.

Aini, D. N. (2018). Pengaruh budaya literasi dalam mengembangkan kecerdasan kewarganegaraan Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 4(01).

Ali, H., & Limakrisna, N. (2013). Metodologi penelitian (petunjuk praktis untuk pemecahan masalah bisnis, penyusunan skripsi, tesis, dan disertasi). Deeppublish: Yogyakarta.

Anggraeni, H. (2019). Penguatan blended learning berbasis literasi digital dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190-203.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: pedoman teoritis Praktisi pendidikan.

Azizah, N. R. (2021). Implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk

Mengembangkan keterampilan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah di Tengah pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7-16.

Bu'ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi di Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 3(1), 16-23.

Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran guru dalam gerakan literasi di

Sekolah dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19-25.

Hamid, S. I., Abdillah, F., & Istianti, T. (2019). Mengurai konstelasi filosofis Pancasila

Melalui literasi budaya kewarganegaraan dan literasi digital kewarganegaraan. In Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Membangun Pendidikan Berbasis Paradigma Higher Order Thinking Skills dalam Konteks Keindonesiaan (pp. 52 68). Bandung: UPI Kampus Cibiru.

Hardiyanti, A. M., & Putra, B. H. BENTUK PERTUNJUKAN KESENIAN SINTREN

DANGDUT SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN SENI TRADISI PADA GRUP PUTRA KELANA DI KELURAHAN PASARBATANG KABUPATEN BREBES.

Hartati, R. (2016). Peningkatan aspek sikap literasi sains siswa SMP melalui penerapan Model problem based learning pada pembelajaran IPA terpadu. Edusains, 8(1), 90-97.

Hasugian, J. (2008). Urgensi literasi informasi dalam kurikulum berbasis kompetensi di perguruan tinggi. Pustaha: jurnal studi perpustakaan dan Informasi, 4(2), 34-44.

Inayati, F. (2016). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kesenian Sintren Di Desa Sambong

Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Pusparani, M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Suatu Kajian Studi

Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 534 543.

Rahayu, S. (2017, October). Mengoptimalkan aspek literasi dalam pembelajaran kimia

Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY (Vol. 21, No. 4, pp. 183-188).

SOLEH, S. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan islam Pada kesenian sintren Cirebon.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times.

John Wiley & Sons.Udin, T. (2017). Pelestarian Sintren melalui Kurikulum Muatan Lokal Sekolah di

Cirebon. Holistik, 2(1), 52-59.

Wahyuni, S. (2022). Peran Ilmu Alamiah Dasar dengan Model Blended Learning Terhadap Literasi Digital. Penerbit NEM.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan Dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.

Yusuf, R., Sanusi, S., Razali, R., Maimun, M., Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan

Literasi budaya dan kewargaan siswa SMA se Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91-99

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Mae Afriliani, Dini Anggraeni Dewi, & Rizky Saeful Hayat. (2024). Implementasi Kesenian Sintren Melalui Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(1), 94–102. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i1.575