Implementasi Dan Manfaat Ice Breaking Pada Proses Pembelajaran Di Tingkat SMP

Authors

  • Hindun UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Putri Adilah Prautami UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i5.888

Keywords:

Implementasi, Tingkat SMP, Ice Breaking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi dan manfaat ice breaking pada proses pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui metode studi pustaka. Dengan melakukan analisis terhadap literatur-literatur relevan, penelitian ini menyajikan gambaran komprehensif tentang bagaimana ice breaking telah diterapkan dalam konteks pembelajaran di SMP. Metode ice breaking diadopsi sebagai strategi pembuka untuk mengatasi kecanggungan awal dan membangun interaksi positif di antara peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ice breaking secara konsisten memberikan manfaat signifikan baik bagi peserta didik maupun pendidik. Bagi peserta didik, kegiatan ini meningkatkan keterlibatan, kepercayaan diri, dan motivasi belajar. Selain itu, ice breaking membantu membangun keterampilan sosial dan kerja sama tim. Bagi pendidik, ice breaking menjadi alat efektif untuk membuka saluran komunikasi dengan siswa, memahami kebutuhan individu, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif. Penelitian ini memberikan wawasan tentang implementasi yang berhasil dan manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan ice breaking dalam konteks pendidikan menengah pertama.

References

Arimbawa, I. K., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. 2017. Pengaruh Penggunaan Ice Breaker Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. 1, 1–8

Algivari, A., & Mustika, D. (2022). Teknik Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 433–439. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.53917

Harianja, May Muna. 2022. Implementasi dan Manfaat Ice breakinguntuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU. 6(1), 1324-1130. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Haryati, Fina Dwi & Diah Puspitaningrum. 2023. Implementasi Ice Breaking Sebagai Pematik Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pai. Jurnal Al-Ilmi.

Vol.4(1). http://journal.iaimsinjai.ac.id/

Marzatifa, L., & Agustina, M. 2021. Ice breaking : Implementasi, Manfaat Dan Kendalanya Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. 6(2), 162–171.

Https://Doi.Org/10.32505/Al-Azkiya.V6i2.3309

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79-88.

Triwiyanto, Teguh. 2021. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sidiq, U. 2018. Etika dan profesi keguruan. Tulungagung: Penerbit STAI [Sekolah Tinggi Agama Islam] Muhammadiyah.

Suparno, Paul S.J. 2015. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius Sutikno, Sobry. 2021. Strategi Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab

Sinaga, Joel Setiawan. dkk. 2023. Implementasi dan Manfaat ICE-Breaking pada Proses Pembelajaran di SMP Negeri 11 Pekanbaru. Jurnal Armada Pendidikan Vol. 1,

No. 1. https://kilaupublishing.com/index.php/jap/article/download/6/2

Downloads

Published

2025-02-15

How to Cite

Hindun, & Putri Adilah Prautami. (2025). Implementasi Dan Manfaat Ice Breaking Pada Proses Pembelajaran Di Tingkat SMP . Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(5), 39–48. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i5.888