Upaya Meningkatkan Minat Baca Dan Hambatan Dalam Membaca
DOI:
https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i06.862Keywords:
Faktor, Hambatan, Minat BacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca serta mengidentifikasi hambata-hambatan dalam proses membaca. Metode penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Upaya meningkatkan minat baca mencakup strategi pengajaran yang melibatkan guru dan penggunaan berbagai jenis bahan bacaan. Hambatan dalam membaca diidentifikasi melalui analisis tingkat keterampilan membaca, kurangnya aksesibilitas terhadap bahan bacaan, dan faktor-faktor lain yang dapat menghambat motivasi membaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejak awal anak harus dibiasakan untuk membaca. Dengan membaca anak tau isi makna dari buku bacaan yang sudah dibaca. Membaca dalam proses pembelajaran itu harus menggunakan bahan pengajaran yang diberikan oleh pendidik. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan panduan bagi pendidik, orang tua, dan penyedia kebijakan pendidikan dalam mendukung proses pembelajaran membaca yang optimal.
References
Agustika, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Centre Desa Jatitengah Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka. Titin Agustika. Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 25–30.
Damaianti, V. S. (2021). Strategi Regulasi Diri dalam Peningkatan Motivasi Membaca. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 52. https://doi.org/10.33603/dj.v8i1.4613
Fatimah, S., Susiani, T. S., & Rokhmaniyah, R. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD Negeri Ambalkebrek Kecamatan Ambal Tahun Ajaran 2021/2022. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v10i3.63055
Harjanto, B. (2011). Merangsang & Melejitkan Minat Baca Anak Anda. Monika Books.
Hendrayanti, A. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.
Karim, Y. (2014). Upaya Meningkatkan Minat Baca. Deiksis, Vol. 6 No., 44–53. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v6i01.514
Mustahafa, R. (2005). Agar Anak Gemar Membaca. Bandung: Hakmah.
Nurtika, L. (2021). Strategi Minat Baca Pada Masa Pandemi. Lutfi Gilang.
Spears, D. 2013. Improving Reading Skills.NY: McGraw-Hill Companies
Windrawati, W., Solehun, S., & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10-16.
Wulanjani, A. Ni., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.