Upaya Meningkatkan Minat Baca Dan Hambatan Dalam Membaca

Authors

  • Putri Adilah Prautami UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Rifdah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Mahmudah Firtriyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i06.862

Keywords:

Faktor, Hambatan, Minat Baca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca serta mengidentifikasi hambata-hambatan dalam proses membaca. Metode penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Upaya meningkatkan minat baca mencakup strategi pengajaran yang melibatkan guru dan penggunaan berbagai jenis bahan bacaan. Hambatan dalam membaca diidentifikasi melalui analisis tingkat keterampilan membaca, kurangnya aksesibilitas terhadap bahan bacaan, dan faktor-faktor lain yang dapat menghambat motivasi membaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejak awal anak harus dibiasakan untuk membaca. Dengan membaca anak tau isi makna dari buku bacaan yang sudah dibaca. Membaca dalam proses pembelajaran itu harus menggunakan bahan pengajaran yang diberikan oleh pendidik. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan panduan bagi pendidik, orang tua, dan penyedia kebijakan pendidikan dalam mendukung proses pembelajaran membaca yang optimal.

References

Agustika, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Centre Desa Jatitengah Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka. Titin Agustika. Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 25–30.

Damaianti, V. S. (2021). Strategi Regulasi Diri dalam Peningkatan Motivasi Membaca. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 52. https://doi.org/10.33603/dj.v8i1.4613

Fatimah, S., Susiani, T. S., & Rokhmaniyah, R. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD Negeri Ambalkebrek Kecamatan Ambal Tahun Ajaran 2021/2022. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v10i3.63055

Harjanto, B. (2011). Merangsang & Melejitkan Minat Baca Anak Anda. Monika Books.

Hendrayanti, A. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.

Karim, Y. (2014). Upaya Meningkatkan Minat Baca. Deiksis, Vol. 6 No., 44–53. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v6i01.514

Mustahafa, R. (2005). Agar Anak Gemar Membaca. Bandung: Hakmah.

Nurtika, L. (2021). Strategi Minat Baca Pada Masa Pandemi. Lutfi Gilang.

Spears, D. 2013. Improving Reading Skills.NY: McGraw-Hill Companies

Windrawati, W., Solehun, S., & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10-16.

Wulanjani, A. Ni., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4.

Downloads

Published

2025-01-07

How to Cite

Prautami, P. A., Rifdah, & Firtriyah, M. (2025). Upaya Meningkatkan Minat Baca Dan Hambatan Dalam Membaca. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(06), 25–34. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i06.862