Penerapan Metode Multisensori dalam Pembelajaran Anak Disleksia di Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Vera Sepsita Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret
  • Zahwa Citra Wijaya Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i4.745

Keywords:

Multisensori, Disleksia, Pembelajaran

Abstract

Metode multisensori dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam pembelajaran anak disleksia.Artikel ini menggunakan metode literature riview, yang berkaitan dengan multisensori dalam pembelajaran anak disleksia di tingkat Sekolah Dasar,yang menggunakan beberapa indera sekaligus, seperti visual,audio,kinestetik,dan taktil.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode multisensori dapat meningkatkan motivasi belajar ,keterlibatan, dan kinerja akademik anak disleksia.Oleh karena itu,metode multisensori dapat menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan belajar anak disleksia.Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan pendekatan pembelajaran yang efektif bagi anak disleksia. Sehingga dapat mengatasi kesulitan belajar dan meningkatkan kemampuan akademis mereka dan memberikan pedoman penting bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai untuk anak disleksia, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bagi mereka di Sekolah Dasar.

 

Multisensory methods can be an effective approach in the learning of dyslexic children.This article uses the literature review method, which relates to multisensory in the learning of dyslexic children at the primary school level, which uses several senses at once, such as visual, audio, kinesthetic, and tactile.The results show that multisensory methods can increase learning motivation, engagement, and academic performance of dyslexic children.Therefore, multisensory methods can be a solution in overcoming learning difficulties for dyslexic children.The purpose of this study is to provide an effective learning approach for dyslexic children. The purpose of this study is to provide an effective learning approach for dyslexic children to overcome their learning difficulties and improve their academic performance and to provide important guidelines for educators in designing appropriate learning strategies for dyslexic children, so as to improve the quality of learning for them in primary schools.

 

Author Biographies

Vera Sepsita, Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret

Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret

Zahwa Citra Wijaya, Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret

Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret

References

Royana, dkk. 2020. “Analisis penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di sekolah dasar”,Jurnal analisis penggunaan media,11

Supena, A., & Dewi, I. R. (2021). Metode Multisensori untuk Siswa Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 110–120. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.623

Taufan, J., Ardisal, A., & Konitah, K. Y. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran MakeA Match dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Disleksia di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jurnal Basicedu, 4(4), 1149–1159. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.521

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019a). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) pada Siswa Kelas II. Jurnal Pendidikan, 8(2), 189 – 199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219

Handayani. (2019). Modul Ajar Tumbuh Kembang Anak. 62-65.

Husna, R. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru Matematika dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. 7(2), 428–436. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.333

Susanto, E., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Vakt Solusi untuk Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Anak Hiperaktif. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 13 – 20. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.2506

Nurfadhillah, S., Adella, Asfari, A., Anggraeny, D., Sari, N., & Ananda, V. (2022).Analisis Model Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Disleksia dan Disgrafia di Sekolah Inklusi Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. Masaliq: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 43–52. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq

Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Interactive EducationalMultimedia Learning Berbasis Teori Kognitif terhadap Dyslexic Student di Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita, 3(4), 338–341.

Muttaqin, M. A., Artikel, I., & Kunci, K. (2023). MUJAHADA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas awal di SDN 1 Rubung Buyung. 01(2), 63. https://doi.org/.

Nur Maulida 1✉, C. , I. W. H. , N. D. (n.d.). Cara Guru Mengenalkan Huruf Kepada Anak Yang Mengalami Disleksia.

Sela, S. A., Yulida, Y. A., Hasmi, H. S., & Sakroni, S. (2022). Meningkatan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Metode Multisensori VAKT Pada Siswa Sekolah Dasar. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 781–789. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i6.302

Wayan Orissa Hrdayani Mas Manuaba, N., & Saloka Immanuel, A. (n.d.). Analisis Metode Pembelajaran Individu Disleksia: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Psikologi MANDALA 2022, 6(2), 2580–4065.

Safetyani, K., Nuryani, P., & Heryanto, D. (2019). Penerapan Metode Multisensori .Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 160–169. https://doi.org/10.17509/JPGSD.V4I1.206 43

Ade, A., Nawa, L. F., Rajak, R., Ilham, P. A., & Tonra, W. S. (2023). Strategi Pembelajaran Anak Disleksia Di SDN 44 Kota Ternate. JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD, 5(1), 62-69.

Anggito & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, Jejak Publishe

Muawwanah, U., & Supena, A. (2021). Penggunaan Kartu Huruf Sebagai Media Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 98–104. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.120

Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Dengan Metode Multisensori di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1799–1808.

Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia di Sekolah Dasar. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(1), 1. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3457

Downloads

Published

2024-11-27

How to Cite

Sepsita, V., & Citra Wijaya, Z. (2024). Penerapan Metode Multisensori dalam Pembelajaran Anak Disleksia di Tingkat Sekolah Dasar. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(4), 42–54. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i4.745