Analisis Kesalahan dalam Penulisan Laporan Penelitian dari Study Tour di SMP dan SMA: Upaya Peningkatan Kualitas Pelaporan
DOI:
https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i6.466Keywords:
Writing, Writing Errors, Reports, EYDAbstract
Writing is an important skill that everyone must master. Good writing will make it easier for readers to understand the meaning of the article. However, there are still many people who make mistakes in writing, including middle school and high school/vocational school students. This research aims to analyze writing errors in student study tour reports at SMP Negeri 1 Semarang and SMK Cor Jesu Malang. This research uses qualitative methods with descriptive analysis techniques. The results of the research show that there are several writing errors that often occur in study tour reports for middle school and high school/vocational school students, namely errors in the use of capital letters, errors in the use of non-standard words, errors in the use of punctuation marks, and errors in the use of inappropriate words. The level of writing errors in.
References
Anggen, M. (2012). Warisan Pusaka Provinsi Bengkulu. Bekasi: CV Rafa Aksara.
Ardiansyah, M., & Suharso, T. (2022). Kesalahan penulisan ejaan dan imbuhan dalam laporan penelitian study tour siswa SMP Negeri 1 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 158-170
Fadhillah, N., & Sulistyaningsih, E. (2021). Analisis kesalahan penulisan laporan study tour siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 44-57.
Fitri, F., & Rahayu, D. (2020). Kesalahan penulisan huruf kapital pada laporan study tour siswa SMA Negeri 10 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 126-137.
Ginting, A. 2022. Analisis Menulis Elemen Serapan oleh Mahasiswa PGSD Semester IV Kelas II. Jurnal Pendidikan Sekolah PGSD FIP Unimed. Vol. 8 (1). hlm. 25-34.
Handayani, H., & Nurhayati, N. (2022). Analisis kesalahan penulisan kata majmuk pada laporan study tour siswa SMP Negeri 1 Magetan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 36-49.
Hardi Prasetyo, A. (2014). Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Baku dalam Pembelajaran Menulis Laporan Perjalanan Siswa Kelas VIII di SMP Al-Hidayah Lebak Bulus Jakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hidayat, P., dkk. 2021. Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita Detik Finance dan Detik News. Jurnal Pendidikan Swasta dan Sastra Indonesia Udhiksa. Vol. 11 (3). hlm. 318-326.
Kartika, R., & Astuti, E. (2021). Analisis kesalahan penulisan kata ganda pada laporan study tour siswa SMA Negeri 3 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 138-151.
Kencanasari, A., & Wahyuni, S. (2022). Analisis kesalahan penulisan kata sendi nama pada laporan study tour siswa SMK Negeri 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 171-183.
Miftahudin, A. (2014). Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Baku dalam Pembelajaran Menulis Laporan Perjalanan Siswa Kelas VIII di SMP Al-Hidayah Lebak Bulus Jakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nurhayati, N., & Handayani, H. (2020). Analisis kesalahan penulisan kata kerja pada laporan study tour siswa SMP Negeri 1 Magetan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 36-47.
Prasetyo, A. H. (2014). Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Baku dalam Pembelajaran Menulis Laporan Perjalanan Siswa Kelas VIII di SMP Al-Hidayah Lebak Bulus Jakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Purnomo, R. H. (2010). Kesalahan Ejaan pada Laporan Study Tour Siswa SMA Pangudi Luhur, Sedayu, Bantul, Yogyakarta Angkatan 2007. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1), 1-10.
Rahayu, D., & Fitri, F. (2021). Analisis kesalahan penulisan kata benda pada laporan study tour siswa SMA Negeri 10 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 26-35.
Rini, D.P., dkk. 2023. Analisis Penggunaan Kalimat pada Teks Laporan Hasil Observasi dalam Buku Ajar Kelas X SMA Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 1 (2). hlm. 140-156.
Rusanti, R., dkk. 2022. Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Vol. 6 (2).
Fadli, F. 2021, Analisis Penggunaan Tanda Baca Dan Hurup Kapital Dalam Karya Surat Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol. 7 (2).
Sari, M., & Sulistyaningsih, E. (2022). Analisis kesalahan penulisan kata sifat pada laporan study tour siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 26-35.
Sari, D. P., & Kurniawan, A. (2020). Analisis Kesalahan Penulisan pada Laporan Study Tour Siswa SMP Negeri 1 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20(2), 1-10.
Sari, R. P., & Kurniawan, A. (2020). Kesalahan Penulisan pada Laporan Study Tour SMK Cor Jesu Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20(1), 1-10.
Sari, R. P., & Kurniawan, A. (2021). Kesalahan Ejaan dan Imbuhan dalam Bahasa Indonesia yang Sering Terjadi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(1), 1-10.
Sari, R. P., & Kurniawan, A. (2021). Pengaruh Kegiatan Study Tour pada Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Mengenai Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(2), 1-10.
Savitri, D.T., dkk., 2018. Analisis Kesalahan Penulisan pada Karangan Bahasa Indonesia. Vol. 7 (27). hlm. 3.686 - 3.696.
Sormin, Y., dkk. 2022. Pengaruh Kegiatan Study Tour pada Pemahaman Siswa Sekolah Dasa Mengenai Pembelajaran IPS. Journal of Islamic Education. Vol. 6 (1). hlm. 39-46.
Widia, V., dkk. 2016. Pengaruh Metode Karya Wisata terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Ekonomi Masyarakat Sekitar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 3 (1). hlm. 117-126.