Kesantunan Sosial dalam Komentar Postingan Instagram Bintang Emon

Authors

  • Dyah Pratiwi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nadifa Ma Hira UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i4.305

Keywords:

kesantunan sosial, postingan, instagram, Bintang Emon

Abstract

Media sosial merupakan wadah untuk berkomunikasi yang terhubung dengan internet serta dikonsumsi oleh siapapun. Namun saat berkomunikasi, manusia tidak memperhatikan tuturan yang digunakan dalam kehidupannya, termasuk dalam penggunaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan sosial yang digunakan oleh warganet dalam postingan instagramBintang Emon mengenai pengaplikasian prinsip kesantunan berbahasa yang dikemukakan Brown dan Levinson (1987) saat berkomentar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam komentar postingan Bintang Emon terdapat prinsip kesantunan berbahasa yakni, penutur melakukan tindak tutur dengan muka positif, muka negatif, serta tindak pengancaman muka yang terbagi atas tindak pengancaman muka positif, dan tindakan pengancaman muka negatif.

Author Biographies

Dyah Pratiwi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Nadifa Ma Hira, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

References

Akademik, D. W. (2014). K a n d a i. 10 (1).
APJII. (2020). Laporan survei internet apjii 2019 – 2020. 2020.
Bintang Emon. (n.d.). No Title.
Hari, K., Joko, P. H., Ngali, A., & Etika, R. L. (2019). Realisasi Kesantunan Berkomunikasi pada Media Sosial Instagram @Jokowi: Studi Politikopragmatik. Parafrase, Vol.19.
Hartini, H. I., AR, H. F., & Charlina, C. (2017). Kesantunan Berbahasa dalam Komentar Caption Instagram. Indonesian Language and Literature Education, C, 1–14.
Inderasari, E., Achsani, F., & Lestari, B. (2019). Bahasa Sarkasme Netizen dalam Komentar Akun Instragram “Lambe Turah.” Semantik. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/1232
Kusmanto, H. (2019). Perwujudan Tindak Kesantunan Berkomentar pada Wacana Media Sosial Instagram (The embodiment of Politeness Acts Commenting on Instagram Social Media Discourse). Sawerigading, 25(2), 119. https://doi.org/10.26499/sawer.v25i2.640
Malabar, S. (2015). Sosiolinguistik. Ideas Publishing.
Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. 25(1), 36 – 44. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759
Saputri, K. V, & Ngalim, A. (2019). Kesantunan Afirmatif pada Kelakar di Akun Instagram “receh. akutu.” eprints.ums.ac.id. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/73872
Siyoto, D. S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. In Ayup (Ed.), Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Sanata Dharma University Press.

Downloads

Published

2024-11-26

How to Cite

Pratiwi, D., & Ma Hira, N. (2024). Kesantunan Sosial dalam Komentar Postingan Instagram Bintang Emon. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(4), 1–9. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i4.305