Peran Demokrasi Dalam Pendidikan Nilai dan Karakter Pelajar

Authors

  • Usiono Universitas Islam Negri Sumatera Utara
  • Delia Erwanto

DOI:

https://doi.org/10.51903/bersatu.v3i1.893

Keywords:

Demokrasi, Pendidikan Nilai, Pendidikan Karakter

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran demokrasi dalam pembentukan nilai dan karakter siswa melalui tinjauan pustaka sistematik (SLR). Data dikumpulkan dari artikel yang diakses di database besar seperti Google Scholar. Hasil analisis menunjukkan bahwa prinsip demokrasi dalam pendidikan berkorelasi signifikan  dengan pembentukan nilai moral dan karakter positif siswa. Demokrasi mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pengambilan keputusan, memperkuat nilai-nilai seperti keadilan dan kebebasan, serta membantu menanamkan nilai-nilai etika dalam kehidupan sehari-hari. Hasil ini mendukung teori yang menghubungkan pendidikan demokratis dengan perkembangan moral dan sosial individu dan mempunyai implikasi penting terhadap kebijakan pendidikan. Kajian tersebut menyimpulkan bahwa memasukkan prinsip-prinsip demokrasi ke dalam nilai-nilai dan pengembangan karakter dapat menciptakan generasi muda yang berintegritas dan bertanggung jawab, serta mendorong partisipasi aktif dalam kehidupan demokratis masyarakat.

References

Asril, Jaenam, Syahrizal, Armalena, & Yuherman. (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300–1309. https://jim.usk.ac.id/sejarah

Azizah, S. N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Jiwa Demokrasi yang Ditanamkan Sejak Dini Melaui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 9431–9434. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2501%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2501/2170

Keegan, P. (2021). Critical affective civic literacy: A framework for attending to political emotion in the social studies classroom. Journal of Social Studies Research, 45(1), 15–24. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2020.06.003

(Karima, Strategi Pendidikan Nilai Dan Karakter, 2024, p. 10)

Dahl, R. A. (1989). Democracy and its critics. Yale University Press.

Dewey, J. (1916). Democracy and Education. Macmillan.

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Usiono, & Delia Erwanto. (2025). Peran Demokrasi Dalam Pendidikan Nilai dan Karakter Pelajar. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 3(1), 46–53. https://doi.org/10.51903/bersatu.v3i1.893