Menyiapkan Anak Untuk Dunia Digital: Panduan Bagi Orangtua Dalam Mendampingi Penggunaan Teknologi

Authors

  • Gairah Noor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Miftahul Jannah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dea Sahrani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Huda Hizkia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i5.755

Keywords:

literasi digital, manajemen waktu layar, konten sesuai usia, keamanan online, panduan orangtua

Abstract

Artikel ini memberikan panduan komprehensif kepada orangtua dalam mempersiapkan anak-anak menghadapi era digital. Panduan ini mencakup berbagai aspek seperti pemahaman literasi digital, pengaturan waktu penggunaan layar, seleksi konten yang sesuai usia, dan perlindungan keamanan online. Peran orangtua dalam mengembangkan penggunaan teknologi yang bertanggung jawab dan seimbang bagi anak-anak ditekankan dalam panduan ini. Dengan memanfaatkan pengetahuan dari bidang psikologi perkembangan dan teori pendidikan, panduan ini menawarkan strategi praktis untuk mendukung proses pembelajaran dan interaksi sosial anak-anak melalui teknologi. Komunikasi terbuka antara orangtua dan anak-anak mengenai penggunaan teknologi digital juga ditekankan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan perilaku etis online. Dengan memberikan pengetahuan dan alat yang dibutuhkan kepada orangtua dalam menghadapi tantangan lanskap digital, panduan ini bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam membuat keputusan yang berbasis informasi mengenai penggunaan teknologi. Secara keseluruhan, panduan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan digital yang sehat di mana anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan aman dan bertanggung jawab.

 

Author Biographies

Miftahul Jannah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Dea Sahrani, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Huda Hizkia, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

Hidayat, A. (2018). Peran Orangtua dalam Pengawasan Penggunaan Teknologi pada Anak di Era Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 123-134.

Lestari, N. S., & Setiawan, R. (2019). Literasi Digital Anak: Tantangan dan Strategi bagi Orangtua di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(1), 45-58.

Prasetyo, D. (2017). Manajemen Waktu Layar pada Anak: Panduan untuk Orangtua. Jurnal Psikologi Anak, 5(3), 87-101.

Rahmawati, T. (2020). Keamanan Online untuk Anak: Peran Orangtua dalam Mencegah Cyberbullying dan Eksploitasi. Jurnal Komunikasi, 12(4), 98-113.

Sari, M. (2018). Pendampingan Orangtua dalam Penggunaan Media Digital pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 67-82.

Wulandari, R., & Kurniawan, H. (2019). Pemilihan Konten yang Sesuai Usia untuk Anak dalam Mengakses Teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(3), 144-158.

Yusron, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Anak: Panduan bagi Orangtua. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 34-47.

Zulfikar, A., & Nuraini, E. (2017). Strategi Efektif Orangtua dalam Mengatur Penggunaan Teknologi oleh Anak. Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2), 55-69.

Mulyadi, H. (2018). Digital Parenting: Tantangan dan Peluang bagi Orangtua di Era Teknologi. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 7(1), 29-43.

Handayani, S. (2019). Implementasi Literasi Digital dalam Pendidikan Keluarga di Indonesia. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 14(2), 71-85.

Downloads

Published

2025-01-07

How to Cite

Noor, G., Jannah, M., Sahrani, D., & Hizkia, H. (2025). Menyiapkan Anak Untuk Dunia Digital: Panduan Bagi Orangtua Dalam Mendampingi Penggunaan Teknologi. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(5), 20–37. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i5.755