Pengelolaan Pembelajran Anak Berkebutuhan Khusus pada Kelas Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i3.720Keywords:
learning management, children with special needs, inclusion classesAbstract
Management of learning for children with special needs is carried out to ensure that all students receive appropriate and quality education so that they can develop optimally according to their potential. This research aims to describe the learning management carried out in inclusion classes. The design used in this research is a literature study. The research results show that learning management uses an individualization approach, a collaborative approach, behavior modification, use of media and the provision of friendly learning, as well as collaboration teacher and parent. Conclusions from this research: Teachers in inclusion classes need to adapt learning management to the needs, abilities and characteristics of students who have special needs.
References
Aghniya, S.L. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus Di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Inklusi.
Andani, fidhia., dkk. (2023). Strategi Shadow Teacher Dalam Proses Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunawicara) Di Sekolah Alam Mahira Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tematik. 4(2)
Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). Identification and Implementation of Inclusion Education for Children With Special Needs in West Sumatra Primary Schools. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145–153
Arsyadiantiny,Nur., dkk. (2023). Manajemen Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Islam Terpadu (SIT) Fathona Lemabang Palembang, 6(4)
Asyari, D., Kamila, J. T., Nurnanzhiifa, K., Rahmawati, L. C., & Dewi, M. S. (2023). Efektivitas Pengelolaan Pembelajaran Inklusi di Sekolah Dasar Non-SDLB. Journal on Education, 5(2), 3830–3839. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1067
Budijanto, O. W., & Rahmanto, T. Y. (2021). Pencegahan Paham Radikalisme Melalui Optimalisasi Pendidikan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Jurnal HAM, 12(1), 57.
Collins, A., Azmat, F., & Rentschler, R. (2019). ‘Bringing everyone on the same journey’: revisiting inclusion in higher education. Studies in Higher Education, 44(8), 1475- 1487.
Christyastari, W. P., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Dharma, U. S. (2023). Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti. 1, 127–138.
Dacholfany,M.I.,dkk. (2023). Konfigurasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Di Sekolah Luar Biasa Negeri. Journal Of Social Science Research. 3(2): 11963-11976
Dapa, A.N. and Mangantes, M.L. (2021) Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus. Deepublish
Desriani, Y. dkk. (2019). Burden of Parents in Childern With Disability At Sekolah Luar Biasa Negeri Cileunyi. Nurseline Journal, 4(1), 22.
Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Dzakir, Zharifah., Dkk. (2024). Pengelolaan Kelas Dalam Pendidikan Inklusi Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Anak Di Tk mutiara Bunda Cilegon. Jurnal Anak Bangsa. 3(1): 128-141
Fajra, Melda., dkk. (2020). Pengembangan Model Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik. Jurnal Pendidikan, 21(1)
Febriyana, fenty & Irhamni Rahman. Intervensi Sosial Anak Pra Sekolah Dalam Penyimpangan Penggunaan Gadget Melalui Modifikasi Perilaku
Dengan Teknik Modelling. Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal dan Pembangunan. 10(2)
Hamdana, Basri, M., & Sulfasyah. (2023). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Inklusif Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Unggulan Minginsidi I Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 08(September), 2564–2573.
Haryati, tati., syahidin. (2023). Model Pembelajaran Modifikasi Tingkah Laku Dan Implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Journal Of Islamic Studies. 2(2):188- 213
Hisbollah, H., Budiyanto, B., & Mudjito, M. (2023). Model Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar Inklusi Kabupaten Bojonegoro. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i1.16235
Idhartono. A.R. (2020). Studi Literatur: Analisis Pembelajaran Daring Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(3)
Ilham Arifin. Dkk. (2024). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. Jurnal Inovasi Pendidikan. 7(2), 113-123
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal pendidikan danPengabdian Masyarakat,4(3), 275–281 https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2817/1853
Maranata, Graces. dkk.(2023). Penanganan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, (Tuna Grahita). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(2)
Menge. C.D., dkk. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Yang Ramah Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1)
Mika, I., & Manap, S. (2020). Jurnal manajer pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan, 15(03), 1–9. Mulya. N.H.,dkk. (2023). Pembelajaran IPA Kolaboratif: Siswa Reguler dan Anak Berkebutuhan Khusus Berkontribusi Aktif dalam Mencapai Tujuan Bersama. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2)
Nabila,dina.,dkk. (2024). Strategi Pengelolaan Kelas Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformative. 8(2)
Nurafni, kamsia, fatimah saguni, dan sitti hasnah. 2022. ‚pengaruh kinerja komite sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama islam.‛ Jurnal integrasi manajemen pendidikan1(1):44–68. Doi: 10.24239/jimpi.v1i1.901
Puspita, M. I., Kurniaman, O., & Marhadi, H. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Di Sdit Bintang Cendekia Pekanbaru ( Studi Deskriptif Bagi Siswa Autis ) Di Sdit Bintang Cendekia Pekanbaru ( Studi Deskriptif Bagi Siswa Autis ). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 1–12.
Riyadi, E. (2021). Pelaksanaan Pemenuhan Hak Atas Aksesibilitas Pendidikan Tinggi Bagi Penyandang Disabilitas Di Yogyakarta. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 28(1).
Saragih Suci.N.A., dkk. (2024). Peran Lingkungan Keluarga dan Sekolah dalam Mendorong Kemajuan Bahasa Anak Usia Dini dengan Rhotacism: Pendekatan pada Kasus di TK Nurul Muslimin. Jurnal Kewarganegaraan, 8(1)
Sembung. M.P., dkk. (2023). Tambusai29382Konsep Perilaku Organisasi dan Kaitannya dengan Penilaian atau Evaluasi Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Autis). Jurnal Pendidikan Tambusai.7(3):29382-29387
Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2020). Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 5(2), 241-251.
Somantri, D., Magdalena, M., Parameswara, M. C., & Windayana, H. (2022). Peran Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Efektivitas dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 235–242. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.217
Sutamin, N. W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Small Group Work ( Sgw ) Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran,3, 181-188 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/18075/10772
Syahrizal., dkk. (2022). Model Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah SLB Osakali Kecamatan Pulau Bandring Kabupaten Asahan. Journal of Science and Research. 3(2)
Telaumbanua,F.F., dkk. (2024). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri se-Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias. Jurnal Penelitian Manajemen, 1(1) 15- 29
Widiastuti.,N.L.G.K. (2023). Strategi dan Media Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus dengan Hambatan Penglihatan. Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra. 14(1)
Widhiati,R.S.A. dkk (2019). Dukungan Sosial dan Strategi Menghadapi Stigma Negatif Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan. Paedagogy Jurnal, 9(4)
Wihara.A.E.,dkk. (2024). Analisis penerapan strategi pembelajaran bimbingan konseling untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan Autisme. Afeksi Jurnal Psikologi. 3(1): 99–105
Yagin, Achmad Miftahul Aziz. Nur. 2020. Implementasi Program Pembelajaran Individual Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Sekolah Dasar Negeri Sumbersari 2 Kota Malang.
Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. International Journal of Elementary Education, 3(3), 267. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3