Analisis Ruang Lingkup Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Inklusi

Authors

  • Rafifah Qanita Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Riau
  • Fitratul Mubaraq Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nursyafna Nursyafna Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wismanto Wismanto Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i3.713

Keywords:

Scope, Children with Special Needs

Abstract

In general, children with special needs are children who have developmental obstacles or abilities above the average for other normal children. Children with special needs (ABK) need special assistance and services so that they can adapt to their environment. The purpose of this article is to describe the characteristics and needs of children with special needs. The method used in this writing is a qualitative method, with a library research approach which makes the main data source come from the latest books, magazines and journals related to the research theme. The results of this research reveal that children with special needs consist of several types of special needs including the blind, the deaf, the physically impaired, to children with special intelligence and special talents (CIBI). Each of them requires special services for each child with special needs. The author also discusses the services needed according to the characteristics of each child with special needs

References

Hidayat, Abdul Hakim, Anisa Rahmi, and Wismanto Nurjanah, Nyai Ai. 2024. “Permasalahan Penerapan Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar.” 1(2): 102–11.

Kamila, Azzahra et al. 2024. “Analisis Perkembangan Implementasi Pendidikan Inklusi Di Indonesia.” 2(2).

Mahessa, Alvi, Zainab Lailatil Zakir, Yossy Pratiwi, and Wismanto Dayati, Rahmi. 2024. “Model Pembelajaran Agama Islam Pada Pendidikan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus ( Autis ).” 2(2).

Putri, Saskia Azhara et al. 2024. “Metode Pengajaran Kreatif Dalam Pendidikan Inklusi Di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah.” 1(2).

Ramayani, Winda, and Wismanto Puspita, Sarah. 2024. “Penerapan Kebijakan Pendidikan Inklusi.” 3(2): 26–34.

Rinaldho, Rinaldho, and Wismanto Pratama, Robi Agus. 2024. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa.” 3(2): 13–25.

Tri, Rieskha, Adillah Em, Uswah Khairani, and Wismanto Majri, Athifa Khalisha. 2024. “Administrasi Pelaksanaan Pendidikan Inklusi Pada Lembaga Pendidikan Islam.” 1(2).

Zahara, Putri et al. 2024. “Peran Pendidikan Inklusi Dalam Perspektif Pendidikan Islam Pendidikan Harus Mampu Beradaptasi Dengan Keadaan Saat Ini . Perlunya Bentuk Pendidikan Kita Sebagai Warga Negara . Diduga Masih Banyak Anak Usia Sekolah Yang Tidak Mampu Dan Mental . Pendidikan I.” 3(2): 1–12.

Agustina, S., Salma, H., & Rifki, M. (2022). Karakteristik dan Model Bimbingan Pendidikan Islam ABK Tuna Laras. TSAQOFAH, 2(1), 161–175.

Amanullah, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita, Down Syndrom Dan Autisme. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–14.

Andrian, D., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah Berbasis Literasi Digital di TK Tunarungu Sushrusa Denpasar Barat. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1181–1186.

Andriani, O., Mursyida, A. I., Mutaharah, M., & Hayati, W. (2024). Pendidikan Manajemen Inklusif Merupakan Salah Satu Alternatif Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Atau Disabilitas. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 56–65.

Badriyah, L., & Pasmawati, H. (2020). Problematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus Sebagai Panduan Bagi Pendampingan ABK. rumah literasi publishing.

Irvan, M. (2020). Urgensi identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus usia dini. Jurnal Ortopedagogia, 6(2), 108–112.

Juherna, E., Purwanti, E., Melawati, M., & Utami, Y. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter pada Disabilitas Anak Tunarungu. Jurnal Golden Age, 4(01), 12–19.

Nurwidyayanti, N. (2022). Karakteristik dan permasalahan untuk anak berkebutuhan khusus. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 4(3), 662–669.

PUTRY, H. G. P. (2022). Bentuk dukungan orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Grobogan. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Salsabila, A. (2022). Pola Komunikasi Guru Terhadap Siswa Tunarungu. ARKANA: Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(01), 12–21.

Sinaga, A. M., Haloho, H. E. P., & Turnip, H. (2023). PENGUNAAN METODE TANYA JAWAB MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN UNTUK ANAK TUNARUNGU. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4), 12432–12440.

Sri, W. (2023). MANAJEMEN KELAS INKLUSI DI PAUD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri.

Sumiati, S., Ardilansari, A., Muttaqin, Z., Maemunah, M., Rejeki, S., & Hafsah, H. (2023a). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Model Pembelajaran Berbasis Karakter pada Siswa Berkebutuhan Khusus. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 226–233.

Sumiati, S., Ardilansari, A., Muttaqin, Z., Maemunah, M., Rejeki, S., & Hafsah, H. (2023b). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Model Pembelajaran Berbasis Karakter pada Siswa Berkebutuhan Khusus. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 226–233.

Syifa, A. (2023). PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK REFRAMING DALAM MENINGKATKAN SELF-CONFIDENCE PESERTA DIDIK BERKELAINAN FISIK DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Published

2024-05-06

How to Cite

Rafifah Qanita, Sri Wahyuni, Fitratul Mubaraq, Nursyafna Nursyafna, & Wismanto Wismanto. (2024). Analisis Ruang Lingkup Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Inklusi. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(3), 97–107. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i3.713