Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Metode Estafet Writing pada Siswa Kelas IV SD Inpres Teladan Merpati Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng

  • Fauziah Nur Islamiah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Aida Azis Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syekh Adi Wijaya Latief Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Improving Writing Ability, Relay Writing Method

Abstract

The purpose of this study was to improve writing skills through the Writing Relay Method for fourth grade students of SD Inpres Teladan Merpati, Bantaeng District, Bantaeng Regency. This type of research was a Class Action Research which consisted of two cycles where each cycle was held in four meetings. Research procedures include planning, implementation of action, observation and reflection. The subjects in this study were 24 students in class IV of SD Inpres Teladan Merpati, Banateng District, Bantaeng Regency. In the second cycle, it was obtained that the average grade IV student learning outcomes of SD Inpres Teladan Merpati, Bantaeng District, Bantaeng Regency was higher, reaching 81.10. The learning completeness of fourth grade students at Teladan Merpati Inpres Elementary School, Bantaeng District, Bantaeng Regency has also increased. In cycle I, 6 (25%) students achieved learning mastery, while in cycle II as many as 22 (91.6%) students achieved learning mastery and classical learning mastery was achieved. This means that learning mastery in cycle II was achieved classically because the number of students who completed more than 80%.

 

 

References

Anggriani, W., & Indihadi, D. 2018. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Menulis Narasi di Sd. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(1), 11-22.
Cintiandini Ai, dkk. 2019. Mengembangkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Melalui Metode Pembelajaran Tipe Estafet Writing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 1, 146-153, 2019
Dalman. (2015). Penulisan populer. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.
Filaili Kunana Ika. 2021. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Sarasvati 3 (1), 74-84.
Herliana Iis Cahyati, dkk. 2019. Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas II Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4 (3), 155-166.
Kurnia Maya Dewi, dkk. 2022. Kemampuan Menulis Cerita Bertemakan Covid-19 Melalui Bengkel Menulis Berbantuan Media Whats App pada Siswa SD Sadagori Cirebon. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 9 (1), 76-82.
Kusumawardani Siska, dkk. 2020. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Metode Image Streaming Siswa Kelas III SDN Pondok Pinang 10. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ 1 (1).
Martha, N. And Situmorang, Y. (2018) ‘Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Teknik Guiding Questions’, Journal Of Education Action Research, 2(2), Pp. 165–171.
Putri Fadilla Widiasari, dkk. 2019 Penerapan Metode Sas untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4 (1), 320-328.
Saputra, D.S. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi. Jurnal Pendidikan Dasar. 7. (1). hlm. 1-12.
Setiawan,G.K. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Dengan Menggunakan Metode Menulis Berantai Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kadungora Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah. 7. (1), hlm. 38-51.
Susilo, S.V. dan Ramdiati, T. (2019). Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 5. (1). hlm. 24-31.
Widianti, W., & Hidayat, T. 2021. Menerapkan Metode Estafet Writing dalam Pembelajaran Menulis Teks Pantun di SMP. Jurnal Diksatrasia 4 (2).
Windyantara I,. Rasna I. 2020. Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta
Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 9 (2), 113-122.
Published
2023-07-30
How to Cite
Fauziah Nur Islamiah, Sitti Aida Azis, & Syekh Adi Wijaya Latief. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Metode Estafet Writing pada Siswa Kelas IV SD Inpres Teladan Merpati Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 274-297. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.388