PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL MATERI GAYA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS IV SDN GREGES 129 SURABAYA

Bahasa Indonesia

  • Gerry Adry Universitas Wijaya Kusuma
  • Friendha Y Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Jarmani Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Keywords: Gaya, Pesawat Sederhana, Audio Visual, IPA

Abstract

Sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media audio visual dengan materi gaya dan pesawat sederhana untuk SDN Greges 129; dan keefektifan media audio visual dengan materi gaya dan pesawat sederhana untuk SDN Greges 129. Metode Research and Development (R&D) akan dipakai dalam penelitian. Model ADDIE mewakili Examination, Plan, Improvement, Assessment digunakan dalam karya inovatif ini. Produk yang dikembangkan akan diuji dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Ada 5 fase yang harus diselesaikan dalam teknik penelitian Analisis, Desain, Pengembangan, dan Implementasi. Materi bagian penutup dapat digambarkan sebagai  produk yang dikembangkan sehingga tidak memerlukan pemutakhiran berdasarkan hasil evaluasi uji coba lapangan. Namun, reaksi dan ide yang didapat dari responden awal lapangan akan diakui dan diharapkan sehingga item berikutnya jauh lebih unggul.

References

Djamarah, Bahri Syaiful, dkk. (2020). Jenis-Jenis Media Audio Visual. Jurnal Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local, Vol. 1 No. 69, hal. 5–24. https://repository.uir.ac.id/3464/5/bab2.pdf. Diakses 28 Juni 2020.
Fitria, Ayu. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, Vol. 5 No. 2, hal. 57-62. https://media.neliti.com/media/publications/240608-penggunaan-media-audio-visual-dalam-pemb-0c928dc4.pdf. Diakses 10 November 2014.
Gabriela, Pancasari Dian Novika. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Penngkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 2 No. 1, hal. 104-113. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574. Diakses 12 Januari 2021.
Jannah, Noer, dkk. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 6 No. 1, hal. 1064-1074. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2124/pdf. Diakses 23 November 2022.
Gischa, Serafica. (2022). Roda Berporos: Pengertian, Bagian-Bagian, Prinsip dan Contohnya. https://www.kompas.com/skola/read/2022/10/24/170000469/rodaberporospengertian-bagian-bagian-prinsip-kerja-rumus-dan-contohnya?page=all. Diakses 24 Oktober 2022.
Herawati, Nani. (2022). Pesawat Sederhana Bidang Miring: Rumus, Contoh Soal, dan Pembahasan. https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-144551272/pesawatsederhana-bidang-miring rumus-contoh-soal-dan-pembahasan?page=5. Diakses 24 Mei 2022.
Ibeng, Parta. (2022). Pengertian Audio Visual, Jenis, Ciri, Fungsi, Kelebihan & Manfaat. https://pendidikan.co.id/pengertian-audio-visual-jenis-ciri-fungsi-kelebihan-manfaat/. Diakses 24 Desember 2022.
Kumala, Nur Farida. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Dini, hal.1-115. https://repository.unikama.ac.id/691/1/PEMBELAJARAN%20IPA%20SD.Diakses 16 September 2016.
Laksamana, Arsadi. (2022). Pengertian dan Jenis Media Audio-Visual.https://alaksamana.blogspot.com/2018/04/pengertian-dan-jenis-media audio-visual.html. Diakses 10 Mei 2022.


Nurrita, Teni. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, Vol. 3 No. 1, hal. 171-187. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf. Diakses 5 Juni 2014.
Purbowati, Deni. (2020). Teknik Analisis Data: Apa, Bagaiman, dan Ragam Jenisnya, Jurnal Komunikasi, hal. 20-27.https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/298/9/UNIKOM_DINA%20CAHYANIA_14.BAB%20III.pdf. Diakses 15 April 2020.
Rachmadani, Demelza, Yuanta, Friendha dan Setiyawan, Heri. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol. 8 No. 1, hal. 1–8, https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1419. DIakses 22 Januari 2022.
Rosad dan Suparyanto. (2020). Teori Tentang Media Audio Visual dan Prestasi belajar, hal. 13-21. https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB21414112072.pdf.Diakses 12 Oktober 2020.
Sabilla, dkk. (2020). Pengembangan Video Animasi Muatan IPA Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahsan Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD No 3 Buduk, Vol. 44 No, 8, hal. 1–11, 28 November 2020, https://repo.undiksha.ac.id/6211/3/1711031281BAB%201%20PENDAHULUAN.pdf. Diakses 28 November 2020.
Syafrizal. (2016). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran, hal. 13–22. http://e-journal.uajy.ac.id/8914/4/3MTF02175.pdf. Diakses 7 Januari 2016.
Syafina, dalam Hermawan. (2022). Pengertian Media Audio Visual. https://www.posbali.id/pengertian-media-audio-visual menurut-para-ahli/. Diakses 27 Oktober 2022.
Sakti, Trisilia Ardhina. (2021). Materi IPA Kelas 5 SD: Gaya dan Pesawat Sederhana, Lengkap Soal-soal dan Kunci Jawaban. https://bangka.tribunnews.com/2021/06/26/materi-ipa-kelas-5-sd-gaya-dan-pesawat-sederhana-lengkap-soal-soal-dan-kunci-jawaban?page=all. Diakses 26 Juni 2021.
Septy, Nurfadhillah, dkk. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Di SDN Cengklong 3. Jurnal Pendidikan dan Dakwah Pandawa, Vol. 3 No. 2, hal. 396-418. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1272. Diakses 31 Mei 2021.
Yuanta, F., dan Larasati, D. A. (2022). Developing Social Science Learning Videos in Elementary Schools During Covid-19 Pandemic. Jurnal Basicedu, Vol. 6 No. 5, hal. 8466–8474. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3874. Diakses 15 Maret 2022.
Published
2023-07-15
How to Cite
Gerry Adry, Friendha Y, & Jarmani. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL MATERI GAYA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS IV SDN GREGES 129 SURABAYA. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 177-194. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.284