Penerapan Metode Inquiri pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Semester I SD Integral Al Amiin Hidayatullah Timika Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i2.661Keywords:
mathematics learning, Inquiry Method, student learning achievementAbstract
In mathematics learning in class VI of Al Amiin Hidayatullah Timika Integral Elementary School, there are still many students who experience difficulties in understanding the concepts being taught. The aim of this research is to increase the activity and learning achievement of class VI students in the first semester of Al Amiin Integral Elementary School. This research uses quantitative and qualitative approaches. From the results of the research conducted, it was concluded that the application of the inquiry method was successful in achieving the objectives of this research.
References
Anonim, 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat JenderalPendidikan Dasar dan Menengah.
Ali, M. 2002. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Arikunto, M. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Depdiknas: Balai Pustaka.
Djamarah, 2005. Prestasi Belajar dan Kemampuan Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, Oemar. 2001. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan SBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Mudjiono dan Dimyati, M. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Nana Sudjana, 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sardiman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Parsada.
Sudjanah, 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rinaka Cipta.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Surabaya: PT. Rineka Cipta.
Sagala, M Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.
Wardani, dkk. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Pusat Penerbit Universitas Terbuka.
Ali, M. 2002. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Arikunto, M. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Depdiknas: Balai Pustaka.
Djamarah, 2005. Prestasi Belajar dan Kemampuan Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, Oemar. 2001. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan SBSA. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Mudjiono dan Dimyati, M. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Nana Sudjana, 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sardiman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Parsada.
Sudjanah, 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rinaka Cipta.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Surabaya: PT. Rineka Cipta.
Sagala, M Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.
Wardani, dkk. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Pusat Penerbit Universitas Terbuka.
Downloads
Published
2024-02-29
How to Cite
Ramlah Ramlah. (2024). Penerapan Metode Inquiri pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Semester I SD Integral Al Amiin Hidayatullah Timika Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 101–120. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i2.661
Issue
Section
Articles