Peran Idola K-POP Seventeen dalam Meningkatkan Self-Esteem dan Self-Forgiveness pada Mahasiswi Usia Dewasa Awal
DOI:
https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i06.604Keywords:
K-Pop, mahasiswi, self-esteem, self-forgiveness, seventeenAbstract
Kepercayaan diri merupakan faktor penting dalam pembentukan self-esteem (penghargaan diri) dan self-forgiveness (penerimaan diri). Sebagian besar mahasiswi pada usia dewasa awal tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup dalam menghadapi aktivitas perkuliahan di dalam kelas maupun di luar kelas. Maka, self-esteem dan self-forgiveness mereka tidak terbentuk secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran idola K-Pop Seventeen dalam pembentukan self-esteem dan self-forgiveness pada mahasiswi usia dewasa awal. Metode penelitian ini adalah literature review atau kajian Pustaka dengan cara membaca dan menelaah berbagai jurnal, buku, dan berbagai naskah terbitan lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian untuk menghasilkan sebuah tulisan yang berkenaan dengan suatu topik atau isu tertentu. Hasil penelitian bahwa konten pada kanal youtube milik Seventeen dapat meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi Tingkat depresi pada mahasiswi usia dewasa awal. Dengan kesimpulan bahwa Rasa Bahagia yang timbul setelah menonton konten milik Seventeen dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang, diikuti dengan perkembangan self-esteem dan self-forgiveness mahasiswi usia dewasa awal. Sehingga dapat mengurangi intensitas depresi dan perilaku self-harm. Bahkan dapat menghilangkan pemikiran terkait bunuh diri.
References
Ekawardhani, N. P., Mar’at, S., & Sahrani, R. (2019). PERAN SELF-ESTEEM DAN SELF-FORGIVENESS SEBAGAI PREDIKTOR SUBJECTIVE WELL-BEING PADA PEREMPUAN DEWASA MUDA. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 71. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i1.3538
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182
Paramita, S. (n.d.). Jeanette, Sinta Paramita: Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS) Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). www.allkpop.com
Pratiwi, B., Budiharto, I., & Fauzan, S. (n.d.). LITERATURE REVIEW : HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA REMAJA MADYA (A Literature Review: Correlation Between Emotional Intellegence and Juvenile Delinquency in Middle Adolescene).
Sri Yenti, N., Mairiza, N., Anggraini, N., Febriani, E., & Fadilla, P. (n.d.). DAMPAK BUDAYA KOREA POP (K-POP) TERHADAP TINGKAT MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG. 2(2), 2746–7708.
National Association for Mental Health. (2016). How to increase your self-esteem. London, UK: Mind.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.