Peran Idola K-POP Seventeen dalam Meningkatkan Self-Esteem dan Self-Forgiveness pada Mahasiswi Usia Dewasa Awal

Authors

  • Ayqina Mafazania Universitas Sebelah Maret

DOI:

https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i06.604

Keywords:

K-Pop, mahasiswi, self-esteem, self-forgiveness, seventeen

Abstract

Kepercayaan diri merupakan faktor penting dalam pembentukan self-esteem (penghargaan diri) dan self-forgiveness (penerimaan diri). Sebagian besar mahasiswi pada usia dewasa awal tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup dalam menghadapi aktivitas perkuliahan di dalam kelas maupun di luar kelas. Maka, self-esteem dan self-forgiveness mereka tidak terbentuk secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran idola K-Pop Seventeen dalam pembentukan self-esteem dan self-forgiveness pada mahasiswi usia dewasa awal. Metode penelitian ini adalah literature review atau kajian Pustaka dengan cara membaca dan menelaah berbagai jurnal, buku, dan berbagai naskah terbitan lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian untuk menghasilkan sebuah tulisan yang berkenaan dengan suatu topik atau isu tertentu. Hasil penelitian bahwa konten pada kanal youtube milik Seventeen dapat meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi Tingkat depresi pada mahasiswi usia dewasa awal. Dengan kesimpulan bahwa Rasa Bahagia yang timbul setelah menonton konten milik Seventeen dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang, diikuti dengan perkembangan self-esteem dan self-forgiveness mahasiswi usia dewasa awal. Sehingga dapat mengurangi intensitas depresi dan perilaku self-harm. Bahkan dapat menghilangkan pemikiran terkait bunuh diri.

References

Laksono, A. P., & Noer, A. H. (2021). Idolaku, Sumber Intimacy-ku: Dinamika Celebrity Worship dan Tugas Perkembangan Dewasa Awal Pecinta Kpop. Jurnal Psikologi, 17(2), 139-156. http://dx.doi.org/10.24014/ jp.v14i2.12837

Ekawardhani, N. P., Mar’at, S., & Sahrani, R. (2019). PERAN SELF-ESTEEM DAN SELF-FORGIVENESS SEBAGAI PREDIKTOR SUBJECTIVE WELL-BEING PADA PEREMPUAN DEWASA MUDA. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 71. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i1.3538

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Paramita, S. (n.d.). Jeanette, Sinta Paramita: Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS) Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). www.allkpop.com

Pratiwi, B., Budiharto, I., & Fauzan, S. (n.d.). LITERATURE REVIEW : HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA REMAJA MADYA (A Literature Review: Correlation Between Emotional Intellegence and Juvenile Delinquency in Middle Adolescene).

Sri Yenti, N., Mairiza, N., Anggraini, N., Febriani, E., & Fadilla, P. (n.d.). DAMPAK BUDAYA KOREA POP (K-POP) TERHADAP TINGKAT MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG. 2(2), 2746–7708.
National Association for Mental Health. (2016). How to increase your self-esteem. London, UK: Mind.

Downloads

Published

2025-02-15

How to Cite

Ayqina Mafazania. (2025). Peran Idola K-POP Seventeen dalam Meningkatkan Self-Esteem dan Self-Forgiveness pada Mahasiswi Usia Dewasa Awal . Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(06), 35–41. https://doi.org/10.51903/pendekar.v2i06.604