Penerapan Metode Talking Stick Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Di SDIT Al Furqon

Authors

  • Weny Windasari IAIN Palangka Raya
  • Rahmad Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Palangka Raya
  • Abdul Gofur Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.51903/bersatu.v3i2.924

Keywords:

Pendidikan Pancasila, Metode talking stick

Abstract

Abstrak: Pendidikan Pancasila bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai dasar bangsa, seperti tanggung jawab, kerja sama, dan cinta tanah air, serta membentuk karakter siswa agar dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan metode talking stick dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SDIT Al Furqon, serta (2) Menganalisis peningkatan hasil belajar siswa setelah metode ini diterapkan. Penelitian ini menerapakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 19 siswa, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan metode talking stick pada Siklus I menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam mengelola kelas memperoleh 90% kategori sangat baik, dan meningkat menjadi 96% pada Siklus II. Aktivitas siswa pada Siklus I memperoleh persentase 85% dalam kategori baik, menjadi 94% pada Siklus II kategori sangat baik. (2) Penerapan metode talking stick terbukti memperbaiki hasil belajar siswa. Pada Siklus I, ketuntasan siswa memperoleh 47%, kemudian menjadi 84% pada Siklus II, dengan selisih peningkatan sebesar 37%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode talking stick efektif dalam memperbaiki hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SDIT Al Furqon.

Kata Kunci: Metode talking stick, hasil belajar, Pendidikan Pancasila

Abstract: Pancasila Education aims to instill the basic values ​​of the nation, such as responsibility, cooperation, and love of the country, as well as to shape students' character so that they can apply them in everyday life. This study aims to: (1) Describe the application of the talking stick method in Pancasila Education learning in class IV of SDIT Al Furqon, and (2) Analyze the improvement in student learning outcomes after this method is applied. This study applies the Classroom Action Research (CAR) approach with the Kemmis & McTaggart model which consists of four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The research subjects were 19 students, with data collection techniques through observation, tests, and documentation. The results of the study showed that: (1) The implementation of learning with the talking stick method in Cycle I showed that teacher activity in managing the class obtained 90% in the very good category, and increased to 96% in Cycle II. Student activity in Cycle I obtained a percentage of 85% in the good category, becoming 94% in Cycle II in the very good category. (2) The application of the talking stick method has been proven to improve student learning outcomes. In Cycle I, student completion reached 47%, then became 84% in Cycle II, with a difference of 37% increase. Based on the results of this study, it can be concluded that the talking stick method is effective in improving student learning outcomes in the Pancasila Education subject in class IV of SDIT Al Furqon.

Keywords: Talking stick Method, learning outcomes, Pancasila Educatio

 

References

Amelia, I., Harpina Purba, A., Bungana, R., & Perangin-Angin, B. (2023). Keefektifan Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Memperbaiki Semangat belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 1, 13–18. http://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS

Astomo, A. B., Maruti, E. S., & Yani, T. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di SDN Nglanduk 01. Cendikia Pendidikan, 8(4), 1–9.

Aulia, N. D., Nasution, L. K., Fadilla, S., Nurmadayanti, N., Nuri, A. Y., & Yusnaldi, E. (2024). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 113–119.

Ayunda, V., Miftahul Jannah, A., & Gusmaneli, G. (2024). Metode Pembelajaran yang Efektif dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 259–273. https://jurnal.fanshurinstitute.org/index.php/wathan|259

Azizah, A., Syabrina, M., & Sulistyowati, S. (2024). Penerapan Metode Talking Stick Untuk Memperbaiki Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Ar-Raudhah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 15–30. https://doi.org/10.30999/shibyan.v2i1.3229

Bachtiar, N. A., Muchtar, F. Y. M., & Azis, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Memperbaiki Hasil Belajar IPS Siswa SD Inpres Manggala Kota Makassar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 11102–11110.

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 19(2), 113. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

Dania Purba, R., Az Zahra, S., Rizki Hutagalung, R., & Fattah Nasution, A. (2024). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Di Era Digital. Jurnal Tarbiyah Bil Qalam, VIII(I), 88–89.

Fathurrahman, F., & Puspita, R. D. (2025). Penerapan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV SDN 18 Dodu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 124–129. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.2883

Humam, M. S., & Hanif, Muh. (2025). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Memperbaiki Keterampilan Kritikal Siswa di Era Modern. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 262–281. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3592

Mangantes, M. L., Tiwa, T., Geor, G., & Tuwaidan, V. A. (2024). Analisis Deskripsi Profesi Guru. Journal on Education, 06(02), 12577–12582.

Marheni, W., Lestari, P. W., Sababalat, L., & Novalia, L. (2025). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran yang Efektif. Student Scientific Creativity Journal, 3(1), 48–56. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v3i1.4650

Muliawati, S. N., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Pembelajaran Kolaboratif Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan , 4(1), 1–6.

Nanda, I. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Adanu Abimata.

Nasution, F., Siregar, Z., Siregar, R. A., & Zakhra Manullang, A. (2024). Pembelajaran dan Kontruktivis Sosial. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 837–841. https://doi.org/10.5281/zenodo.10465606

Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV. Pilar Nusantara.

Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam memperbaiki mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113. https://doi.org/10.29210/1202121176

Setiawan, B., Irianto, A., & Rusminati, S. H. (2021). DASAR-DASAR PENDIDIKAN: Kajian Teoritis Untuk Mahasiswa PGSD. CV Pena Persada.

Simanjuntak, M. M., Silalahi, Y., Simarmata, E., Manik, J., Silalahi, A. T., Panjaitan, E. Y., & Galingging, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV DI SD Negeri 091254 Batu Onom. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(09), 935–944.

Sulistyowati, S., Mahmudah, I., Syabrina, M., Syar, N. I., Rahmad, R., & Wahid, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV DI MI/SD. Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam, 7(1), 35–52. https://ejournal.stainupwr.ac.id/

Sutoyo, S. (2020). Teknik Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). UNISRI Press.

Taufiqur, R. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV. Pilar Nusantara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wati, S., & Mahmuddin, M. (2023). Memperbaiki Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan PjBL Dan Talking Stick. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 634–642. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Windasari, W., Rahmad, & Abdul Gofur. (2025). Penerapan Metode Talking Stick Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Di SDIT Al Furqon. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 3(2), 10–24. https://doi.org/10.51903/bersatu.v3i2.924