Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Di Sekolah Dasar

Authors

  • Yosi Gumala Yosi Gumala Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Mahda Syifa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.51903/bersatu.v3i1.892

Keywords:

Media Pembelajaran, Etnomatematika, Permainan Tradisional, Sekolah Dasar, Systematic Literature Review (SLR)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi pengaruh dari penerapan emedia pembelajaran berbasis etnomatematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Systematic literature review (SLR). Artikel yang didapatkan pada databse Sinta, Google Scholar dan Directory Open Acces Journal (DOAJ) dari tahun 2019 hingga 2024. Berdasarkan kriteria inklusi, terdapat 30 artikel dipilih untuk studi awal. Setelah data dikumpulkan, setiap artikel dikategorikan berdasarkan judul, tahun studi, jenjang pendidikan, dan jenis media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menambahkan media pembelajaran berbasis etnomatematika dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan matematika siswa. Media Pembelajaran yang sering digunakan adalah permainan tradisional salah satunya adalah damprak atau engklek. Etnomatematika lebih sering digunakan dalam satuan pendidikan tingkat SD. Dengan hal itu, media pembelajaran berbasis etnomatematika sangat cocok untuk mencapai tujuan, meningkatkan kemampuan siswa, dan meningkatkan pemahaman mereka tentang budaya yang ada di sekitar mereka dan di Indonesia.

References

Agusta, E. S. (2021). Pembelajaran Etnomatematika pada Budaya Betawi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(1), 53–67.

Agustin, S. S., & Soebagyo, J. (2024). Ekplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Bersejarah Bendungan Walahar Terhadap Pembelajaran Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 8(2), 347–355.

Aini, F. N., & Sari, A. D. I. (2024). Implementasi Etnomatematika Dalam Permainan Materi Geometri Di Sekolah Dasar. ALENA: Journal of Elementary Education, 2(2), 127–135.

Alfiatusya’diyah, F. T., & Setyawan, A. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBASIS ETNOMATIKA: Array. Eductum: Jurnal

Literasi Pendidikan, 1(1), 29–36.

Andriono, R. (2021). Analisis peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Angraini, F., Erita, S., Oktafia, M., & Nasution, E. Y. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Etnomatematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2586

Ermawati, D., Legowo, Y. A. S., & Fakih, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan melalui Model Pembelajaran Kontekstual bermuatan Etnomatematika pada Siswa Kelas III. WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan), 11(1), 6–12.

Fadzillah, S. H. N., Purwaningrum, J. P., & Wanabuliandari, S. (2020). PENINGKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL MMP BERBANTUAN MODUL ETNOMATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN WONOSEKAR:

Penelitian Tindakan Kelas. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 105–115.

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Sobri, M., Radiusman, R., & Widodo, A. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi budaya sasak sebagai sumber belajar matematika Sekolah Dasar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(1), 1–13.

Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika permainan kelereng.

MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 32–40.

Huri Suhendri, & Ningsih, R. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng Di Kelurahan Bahagia, Babelan, Bekasi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 21–29. https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i1.4289

Indriani, V. M., Rulyansah, A., & Widowati, P. (2023). Penggunaan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Gaya Kelas IV SD. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 513–518.

Irmayanti, I., & Danial, D. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Sinjai Selatan. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 90–104.

Khofifah, L., Sugiarti, T., & Setiawan, T. B. (2018). Etnomatematika karya seni batik khas Suku Osing Banyuwangi sebagai bahan lembar kerja siswa materi geometri transformasi. Kadikma, 9(3), 148–159.

Krisma, W. W., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Development of Macromedia Flash-Based Mathematics Learning Media for Area and Circumference Material to Increase Studen. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73–84.

Kurino, Y. D., & Rahman, R. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Panjalin pada Materi Konsep Dasar Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 268–275.

Lestari, J. I. (2023). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Permainan Jual Beli Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III SDN 112319 Bulu Sari. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(01), 133–138.

Martir, L., Beku, V. Y., Wewe, M., & Dhiu, L. M. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Pendekatan Etnomatematika. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 66–74.

Minah, M. S. A. M., & Izzati, N. (2021). Etnomatematika pada makanan tradisional melayu Daik Lingga sebagai sumber belajar. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 1–7.

Mufidatunnisa, N., & Hidayati, N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Monumen Dan Museum Peta Di Kota Bogor. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 311. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7231

Muhdar, R., Umanahu, M., & Ahmad, F. (2021). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika di Kelas IV SDN 14 Kota Ternate. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 23–27.

Mulyasari, D. W., Abdussakir, A., & Rosikhoh, D. (2021). Efektivitas pembelajaran etnomatematika “permainan engklek” terhadap pemahaman konsep geometri siswa sekolah dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 1–14.

Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1085

Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Etnomatika dalam Seni Anyaman Jambi sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2705–2714.

Putra, A. P., & Prasetyo, D. (2022). Peran Etnomatematika Dalam Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Intersections, 7(2), 1–9.

Rafiah, H., Agustina, R. L., Arifin, J., & Kasmilawati, I. (2023). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika di Sekolah Dasar melalui Permainan Tradisional. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 103–109.

Rahman, S. A., Kosasih, U., & ... (2022). Perancangan Media Pembelajaran Etnomatematika untuk Guru Sekolah Dasar di Kota Bandung. VIVABIO: Jurnal …, 4, 92–97. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/vivabio/article/view/42988

Rohmatin, T. (2020). Etnomatematika permainan tradisional congklak sebagai teknik belajar matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 144–150. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Rudyanto, H. E., HS, A. K. S., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika budaya Jawa: Inovasi pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 25–32.

Saniyah, S. M., & Ardiansyah, A. S. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Makanan Tradisional Pekalongan dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(1), 25–36.

Sari, V. A., Arfuah, N., Ardiansyah, W., Pameila, S. A., Fauziah, N., & Arman, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Digital Berbasis Etnomatematika untuk Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3), 58–64. https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82300

Setiyadi, D. (2021). Pengembangan bahan ajar bernuansa etnomatematika dengan permainan tradisional banyumas pada sekolah dasar. Jurnal Kiprah, 9(1), 30–38.

Setyoningrum, D. Y., & Pangestika, R. R. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 1–8.

Sriwanti, P. U., & Sukmawarti, S. (2022). Pengembangan Modul Geometri Sd Berbasis Etnomatematika. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 31–38.

Tambunan, H.-, & Simanjuntak, J. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Permainan Engklek Sebagai Media Pembelajaran Matematika (Etnomathematics: Exploration of Engklek Games As a Mathematics Learning Media). Jurnal Curere, 5(2), 1. https://doi.org/10.36764/jc.v5i2.664

Wicaksono, A. G., & Prihastari, E. B. (2023). Pemanfaatan etnomatematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas iv sdn 1 senggrong. Journal on Education, 5(4), 11894–11908.

Wulandari, R. (2019). OPTIMASI HASIL BELAJAR GEOMETRI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SD KELAS RENDAH MELALUI MODEL EXAMPLE-NON EXAMPLE

BERBASIS ETNOMATEMATIKA BATIK MADURA. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 82–95.

Zulfah, Z., Astuti, A., Juliana, I., Herlinda, N., & Febriani, S. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Pertanian Tradisional Kabupaten Kampar. Journal of Education Research, 4(1), 161–170.

Downloads

Published

2025-02-24

How to Cite

Yosi Gumala, Y. G., & Mahda Syifa, M. S. (2025). Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Di Sekolah Dasar. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 3(1), 32–45. https://doi.org/10.51903/bersatu.v3i1.892