Peran Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan Lokal Nusantara di Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i1.552Keywords:
Cultural literacy, local culture, era of globalizationAbstract
The development of globalization is increasingly having an impact on the existence of local culture in the archipelago. The era of globalization and increasingly rapid technology has made Indonesian people more interested in foreign culture. Using the literature method, this article was created to discuss the role of cultural literacy and citizenship in maintaining Indonesian culture in modern realities in the era of globalization. Efforts that can be made are to implement cultural and civic literacy in schools and the general public (digitally). Traditional Indonesian culture and values must continue to be maintained and preserved because they are part of the identity of the Indonesian nation.
References
Arfa, A. M., & Lasaiba, M. A. (2022). Pendidikan Multikultural dan Implementasinya di Dunia Pendidikan. GEOFORUM, 1(2), 36- 49
Darmawan, Z., Sashikirana, K. W., Pangaribuan, N. K., Hasriansyah, A., & Dafit, F. (2023). Literasi Kebudayaan Dan Kewarganegaraan Di SD Islam Terpadu Insan Utama. KOLONI, 2(2), 314-319.
Firman, Ratna Djumal, dkk. (2017). Materi Pendukung; Literasi Budaya dan Kewargaan. Jakarta: Kemendikbud.
Hanafiah, M., & Nasrullah, N. (2022). LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 SEBAGAI UPAYA DALAM MEMPERKUAT MODERASI BERAGAMA DI INDONESIA. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 16(1), 36-50.
Koentjaraningrat. (1975). "Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan." Depdikbud, Jakarta.
Kurniawan, A., Daeli, S. I., Asbari, M., & Santoso, G. (2023). Krisis Moral Remaja di Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02), 21-25.
Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 109-116.
Sinar, T. S. (2022, February). Meninjau Program Literasi Budaya Dalam Membangun Kemajuan Masyarakat Melayu Di Sumatera Utara. In Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) (Vol. 5, No. 2, pp. 162-171).
Saodah, S., Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(3), 375-385.
Suparno, S., Alfikar, G., Santi, D., & Yosi, V. (2018). Mempertahankan Eksistensi Budaya Lokal Nusantara Ditengah Arus Globalisasi Melalui Pelestarian Tradisi Gawai Dayak Sintang. Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 43-56.
Suwandari, K., Wahyuni, S., Rahma, R. A., & Ahmad, A. (2022). Transformasi Nilai-Nilai Tradisi Sayan Sebagai Upaya Mempertahankan Solidaritas Masyarakat. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2).
Mubah, A. S. (2011). Strategi meningkatkan daya tahan budaya lokal dalam menghadapi arus globalisasi. Jurnal Unair, 24(4), 302-308.
Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). Implementasi Literasi Sosial Budaya di Sekolah Dan adrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 426. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.972
Pranadji, T. (2004). Perspektif Pengembangan Nilai-Nilai Sosial-Budaya Bangsa. Analisis Kebijakan Pertanian, 2(4), 324-339.
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi LiterasiBudaya dan Kewargaan sebagai Solusi Disinformasi pada Generasi Millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & erpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066.
Putri, F. D. C., & Nurhasanah, N. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Upaya dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2167-2173.
Widodo, A., Tahir, M., Maulyda, M. A., Sutisna, D., Sobri, M., Syazali, M., & Radiusman, R. (2020). Upaya Pelestarian Permainan Tradisional melalui Kegiatan Kemah Bakti Masyarakat. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 257–264. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5810
Yusuf, R., Sanusi, S., Razali, R., Maimun, M., Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan literasi budaya dan kewargaan siswa SMA se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91-99.
Yusuf, R., & Putra, I. (2019, October). Pelaksanaan Literasi Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh. In Prosiding Seminar Nasional “Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia” (Vol. 1, pp. 143-150). Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
Darmawan, Z., Sashikirana, K. W., Pangaribuan, N. K., Hasriansyah, A., & Dafit, F. (2023). Literasi Kebudayaan Dan Kewarganegaraan Di SD Islam Terpadu Insan Utama. KOLONI, 2(2), 314-319.
Firman, Ratna Djumal, dkk. (2017). Materi Pendukung; Literasi Budaya dan Kewargaan. Jakarta: Kemendikbud.
Hanafiah, M., & Nasrullah, N. (2022). LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 SEBAGAI UPAYA DALAM MEMPERKUAT MODERASI BERAGAMA DI INDONESIA. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 16(1), 36-50.
Koentjaraningrat. (1975). "Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan." Depdikbud, Jakarta.
Kurniawan, A., Daeli, S. I., Asbari, M., & Santoso, G. (2023). Krisis Moral Remaja di Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02), 21-25.
Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 109-116.
Sinar, T. S. (2022, February). Meninjau Program Literasi Budaya Dalam Membangun Kemajuan Masyarakat Melayu Di Sumatera Utara. In Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) (Vol. 5, No. 2, pp. 162-171).
Saodah, S., Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(3), 375-385.
Suparno, S., Alfikar, G., Santi, D., & Yosi, V. (2018). Mempertahankan Eksistensi Budaya Lokal Nusantara Ditengah Arus Globalisasi Melalui Pelestarian Tradisi Gawai Dayak Sintang. Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 43-56.
Suwandari, K., Wahyuni, S., Rahma, R. A., & Ahmad, A. (2022). Transformasi Nilai-Nilai Tradisi Sayan Sebagai Upaya Mempertahankan Solidaritas Masyarakat. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2).
Mubah, A. S. (2011). Strategi meningkatkan daya tahan budaya lokal dalam menghadapi arus globalisasi. Jurnal Unair, 24(4), 302-308.
Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). Implementasi Literasi Sosial Budaya di Sekolah Dan adrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 426. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.972
Pranadji, T. (2004). Perspektif Pengembangan Nilai-Nilai Sosial-Budaya Bangsa. Analisis Kebijakan Pertanian, 2(4), 324-339.
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi LiterasiBudaya dan Kewargaan sebagai Solusi Disinformasi pada Generasi Millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & erpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066.
Putri, F. D. C., & Nurhasanah, N. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Upaya dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2167-2173.
Widodo, A., Tahir, M., Maulyda, M. A., Sutisna, D., Sobri, M., Syazali, M., & Radiusman, R. (2020). Upaya Pelestarian Permainan Tradisional melalui Kegiatan Kemah Bakti Masyarakat. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 257–264. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5810
Yusuf, R., Sanusi, S., Razali, R., Maimun, M., Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan literasi budaya dan kewargaan siswa SMA se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91-99.
Yusuf, R., & Putra, I. (2019, October). Pelaksanaan Literasi Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Kota Banda Aceh. In Prosiding Seminar Nasional “Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia” (Vol. 1, pp. 143-150). Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
Downloads
Published
2023-12-26
How to Cite
Ervina Anatasya, Dinie Anggraeni Dewi, & Rizky Saeful Hayat. (2023). Peran Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan Lokal Nusantara di Era Revolusi Industri 4.0. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 253–264. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i1.552
Issue
Section
Articles