Literasi Akselerasi Literasi Pembelajaran Interaktif Melalui Tayangan Video Dongeng Menggunakan adaptasi teknologi di Pendidikan Sekolah Dasar Arjasa

Authors

  • Izza Fajria Universitas Jember
  • Erisal Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Febiola Novie Nurhidayanti Universitas Moch. Sroedji Jember, Indonesia
  • Dimar Ika Agustin Universitas Moch. Sroedji Jember, Indonesia
  • Ahmad Rifal Fuadi Insitut Teknologi dan Sains Mandala, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i4.392

Keywords:

Literacy, Technology Adaptation, Interaction learning, Education

Abstract

Abstract: Interactive learning of fairy tale videos through technology adaptation is a strategy to cultivate interest in literacy by utilizing technology. The rapid advancement of technology is used as one of the instruments for literacy acceleration efforts. This research is a form of implementation of technology utilization innovation to create interesting learning methods. The focus of this research explains how students will be able to make literacy a positive habit in their daily lives. Literacy education is the basic key to exploring science presented through viewing fairy tale videos. Activities are structured based on the theoretical framework regarding the stages in realizing an accelerated education program. The research method used was qualitative by conducting Focus Group Discussion (FGD), and observation. The research data was obtained from 3 elementary schools in Arjasa-Sukowono village. The results showed that using technology as learning has a positive impact on students. With digital learning innovation, students become more interactive, can awaken the ability to analyze the essence of values, and awaken imaginative power. This activity can be used as one of the references for the literacy curriculum in the future and carried out on an ongoing basis for educators in related institutions.

 

Keywords: Literacy, Technology Adaptation, Interaction learning, Education

 

Abstrak: Pembelajaran interaktif video dongeng melalui adaptasi teknologi merupakan strategi penanaman minat literasi dengan pemanfaatan teknologi. Pesatnya kemajuan teknologi digunakan sebagai salah satu instrumen untuk akselerasi literasi. Penelitian ini sebagai bentuk implementasi inovasi pemanfaatan teknologi untuk menciptakan  metode pembelajaran yang menarik. Fokus penelitian ini menjelaskan bagaimana siswa/i nantinya dapat menjadikan literasi sebagai sebuah kebiasaan positif dalam kehidupan sehari-hari.  Pendidikan literasi menjadi kunci dasar untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan disajikan melalui penayangan video dongeng. Kegiatan disusun berdasarkan kerangka teori mengenai tahapan  dalam mewujudkan program akselerasi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD), dan observasi. Data penelitian didapat dari 3 sekolah tingkat dasar di Desa Arjasa-Sukowono. Hasil penelitian menunjukan pemanfaatan teknologi sebagai pembelajaran berdampak positif bagi siswa/i. Dengan adanya inovasi pembelajaran digital siswa menjadi lebih interaktif, dapat membangkitkan kemampuan analisis terhadap esensi nilai dan membangkitkan daya imajinatif. Kegiatan ini bisa dijadikan salah satu acuan kurikulum literasi kedepannya serta dilaksanakan secara berkelanjutan bagi pada pendidik di instansi terkait.

 

Keyword : Literasi, Adaptasi Teknologi, Pembelajaran interaksi, Pendidikan

Author Biographies

Erisal, Universitas Islam Jember, Indonesia

Dosen Universitas Islam Jember, Indonesia

Febiola Novie Nurhidayanti, Universitas Moch. Sroedji Jember, Indonesia

Dosen Universitas Moch. Sroedji Jember, Indonesia

Dimar Ika Agustin, Universitas Moch. Sroedji Jember, Indonesia

Dosen Universitas Moch. Sroedji Jember, Indonesia

Ahmad Rifal Fuadi, Insitut Teknologi dan Sains Mandala, Indonesia

Dosen Insitut Teknologi dan Sains Mandala, Indonesia

References

Assidik, G. K. (2018, November). Pemanfaatan media sosial sebagai alternatif media pembelajaran berbasis literasi digital yang interaktif dan kekinian. In Seminar Nasional SAGA# 4 (Sastra, Pedagogik, dan Bahasa) (Vol. 1, No. 1, pp. 242-246).

Seppewali, A., & Damma, D. (2023). Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Siswa Sd Inpres Cambaya 3 Kota Makassar. TSWADIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(01), 61-68.

Herliani, Y., Isnaini, H., & Puspitasari, P. (2020). Penyuluhan Pentingnya Literasi di Masa Pandemik pada Siswa SMK Profita Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Community Development Journal, 1(3), 277-283.

Sari, I. F. R. (2018). Konsep dasar gerakan literasi sekolah pada permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 10(1), 89-100.

Ginting, E. S. (2021). Penguatan literasi di era digital. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 35-38). FBS Unimed Press.

Bogdan, R. & Taylor, S.J. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Terjemahan arif surachman. Usaha Nasional. Surabaya

Moleong, J. Lexyy. (1999). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Wijaya, M. A. (2021). PENGARUH LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (SURVEY PADA PELAJARAN EKONOMI MATERI KETENAGAKERJAAN KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 LEMBANG) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Sabrina, A. R. (2018). Literasi digital sebagai upaya preventif menanggulangi hoax. Communicare: Journal of Communication Studies, 5(2), 31-46.

Downloads

Published

2024-11-16

How to Cite

Fajria, I., Erisal, Febiola Novie Nurhidayanti, Dimar Ika Agustin, & Ahmad Rifal Fuadi. (2024). Literasi Akselerasi Literasi Pembelajaran Interaktif Melalui Tayangan Video Dongeng Menggunakan adaptasi teknologi di Pendidikan Sekolah Dasar Arjasa . Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(4), 19–28. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i4.392