ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS STATISTIKA PADA SISWA KELAS VI SD 7 GONDOSARI

Authors

  • Putri Ayu Sekarwangi Universitas Muria Kudus
  • Nafisa Junita Kurniawati Universitas Muria Kudus
  • Arif Budi Prasetya Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.253

Keywords:

kemampuan penalaran; statistika; pembelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa sebagai acuan untuk melaksanakan dan memperbaiki konsep dan cara pengajaran dalam menyampaikan materi penalaran matematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 6 SD 7 Gondosari, Gebog, Kudus yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis yang terdiri dari 5 soal uraian tentang materi statistika. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata suatu kelas yaitu 62,1 dan dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki pemahaman yang berbeda-beda dalam menalar soal cerita sesuai dengan level kognitif siswa. Selain itu, pada suatu kelompok siswa, beberapa siswa akan langsung menemukan pola penyelesaian dan sebagian lagi akan menyelesaikan suatu soal tanpa pola namun dengan penalaran yang berbeda dari masing – masing siswa.

References

Ezra Putranda Setiawan. 2021. “Statistical Literacy in Primary School Mathematics Curricula: Historical Review and Development.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 6 (1): 1–20. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1915.
Fitriani, Kartika, dan - Maulana. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik.” Mimbar Sekolah Dasar 3 (1): 40–52. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355.
Hastari, Ratri Candra. 2019. “Analisis Proses Penyelesaian Soal Matematika Pada Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Ditinjau Dari Kemampuan Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika 7 (1): 49–62. https://doi.org/10.25139/smj.v7i1.1454.
Nadiyah, Syarifah, Finna Yunilia Wijaya, dan Arif Rahman Hakim. 2019. “Desain Komik Strip Matematika pada Materi Statistika untuk Kelas VI Tingkat Sekolah Dasar.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 4 (2): 135. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3870.
Nasyihah, F, R Rahayu, dan ... 2022. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Diskalkulia Kelas V Sd 3 Samirejo.” Prosiding Seminar …, 143–52. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/391%0Ahttps://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/download/391/392.
Sinaga, Ramlan. 2023. “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains 3 (1): 203–12. https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1.834.
Tambunan, Cahaya, Mia Rizki Idaroyanni Siregar, dan Sartika Rismaya. 2021. “fektivitas Penggunaan Aplikasi SPSS Dalam Pencarian Ukuran Pemusatan Data Bagi Mahasiswa Kelas E Prodi Pendidikan Matematika 2019 Universitas Negeri Medan.” Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika 2 (1): 1. https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1.28632.

Downloads

Published

2023-07-13

How to Cite

Sekarwangi, P. A., Kurniawati, N. J., Prasetya, A. B., & Amaliyah, F. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS STATISTIKA PADA SISWA KELAS VI SD 7 GONDOSARI. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 33–38. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.253