Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Fm Karaoke Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.51903/jtim.v1i2.86Keywords:
Website, Media Cetak, Desain Grafis, Promosi, InformasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media yang digunakan sebelumnya sebagai sarana dalam menyampaikan informasi dan promosi di FM Karaoke Salatiga. Media yang digunakan sebelumnya yaitu berupa media cetak seperti brosur dan kartu nama, yang mempunyai kendala jika FM Karaoke ingin melakukan pembaharuan atau update informasi dan promosi akan memerlukan biaya cetak lagi. Oleh karena itu dari kendala yang ada, maka diperlukan media informasi dan promosi berupa website yang bisa memberikan informasi lebih lengkap serta uptodate. Website ini dibuat sebagai pelengkap dari media yang dipakai sebelumnya. Website dipilih karena dapat diakses 24 jam dan tidak terkendala oleh jarak dan waktu, sehingga masyarakat bisa mengetahui informasi dan promosi kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada metode Research and Development (R&D) (Borg, W.R dan Gall, M.D, 1989). Dalam penelitian ini, penulis menetapkan FM Karaoke Salatiga sebagai subjek penelitian, sedangkan yang menjadi objek penelitian penulis yaitu media promosi dan informasi yang selama ini digunakan oleh FM Karaoke Salatiga. Data yang diperoleh untuk kebutuhan penelitian menggunakan teknik-teknik seperti wawancara, observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji coba lapangan, website yang dibuat termasuk dalam kategori baik. Setelah dilakukan uji validasi dan revisi website hasil pengembangan dari media sebelumnya termasuk dalam kategori san-gat baik. Dengan demikian website layak digunakan dan dipublikasikan menggunakan media cetak yang sudah ada.
References
Algifari, 2003; “Statistika Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis”, Yogyakarta; Penerbit Unit dan Percetakan.
Budi Sutedjo Dharma Oetomo, 2002; “Perancangan & Pengembangan Sistem Informasi”, Yogyakarta; Andi.
Borg, W.R. dan Gall, M. D., 1983; “Educational Research An Introduction”, New York; Longman.
Basu, Swastha, 2000; “Manajemen Pemasaran Modern”, Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada.
Bretz, Rudy, 2008; “Berbagai Jenis Media”, Tersedia di edu-articles.com.
maret 2011].
Craig, James, 1971; “Designing with type: A basic course in typography”, New York; Waston-Guptill Publication.
Creeber, G. and Martin, R., (ed), 2009; “Digital Cultures: Understanding New Media”, Berkshire-England; Open University Press.
Dewantoro, Affandi, 2004; “Mengenal Seni Rupa Anak”, Yogyakarta; Gama Media.
Djamarah, Syaiful B, & Zain, Aswan, 1995; “Strategi Belajar Mengajar”, Jakarta; Rineka Cipta.
Gonia, M. Firdaus, 2009; “Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Asesmen Pembelajaran Pembiasan Cahaya”, Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer FPMIPA UPI; Tidak Diterbitkan.
Gordon B. Davis, 1991; “Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1”, Jakarta; PT Pustaka Binamas Pressindo.
Hasan, M. Iqbal, 2002; “Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya”, Indonesia, Bogor; Ghalia.
Irawati, Maria, 2013; “Perancangan Website Profil Studio Fotografi Beyond di Surabaya”, Surabaya: Jurnal DKV Adiwarna; Vol 1 (2015): Creative And Original; 12.
Jakaria, yaya, 2009; “Uji coba model (validasi)”, Jakarta: Pusata Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Jogiyanto HM., 1999; “Analisis dan Disain Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis”, Yogyakarta; Andi Offset.
Junaedi, Ahmad, 2003; “Perancangan Logo”, Bandung; PT. Tesapura.
Kartika, 2004; “Seni Rupa Modern”, Bandung; Rekayasa Sains.
Kotler, Philip. 2002; “Marketing Management”, Millenium Edition North Western University New Jersey; Prentice Hall Inc.
Kotler, Philip, 2002; “Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium”, Jakarta; Prehallindo.
Kusrianto, Adi, 2007; “Pengantar Desain Komunikasi Visual”, Yogyakarta; Andi Offset.
Lievrouw, L.A. dan Sonia Livistone, 2006; “The Handbook of New Media”, London; SAGE Publications.
M. Taufiq, Amir, 2009; “Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning”, Jakarta; Kencana Prenada Media Group.
Meliono, Anton M., 1990; “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, Jakarta; Balai Pustaka.
Mondry, 2008; “Pemahaman Teori dan Praktek Jurnalistik”, Indonesia; Ghalia.
Murphy, John and Michael Rowe, 1998; “How to Design Trademarksand logos”. Ohio : North Light Book.
Purnamawati dan Eldarni, 2001; “Media Pembelajaran”, Jakarta; CV. Rajawali.
Pujiriyanto, 2005; “Desain Grafis Komputer”, Yogyakarta; CV ANDI OFFSET.
Ramadhan, 2012; “Pengertian Perancangan Website”, diakses tanggal 01 November 2017 [http://informationof-world.blogspot.com/2012/12/pengertian-perancangan-website.html].
Robiansyah, Robi, 2013; “Pengertian website menurut para ahli informatika”, Diakses tanggal 11 Oktober 2017 [file://Pengetian%20website%20menurut%20para%20ahli%20informatika%20~%20kumupulan%20pengertian%20bahasa%20di%20internet.html].
Rohani, Ahmad, 1997; “Media Instruksional Edukatif”, Jakarta; Rineka Cipta.
Sidharta, Lani, 1995; “Pengantar Sistem Informasi Bisnis”, Jakarta; P.T. ELEX Media Komputindo.
Sihombing , Danton, 2001; “Tipografi Dalam Desain Grafis”, Jakarta; Gramedia.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 2008; “Metode Penelitian Survei”, Jakarta: LP3ES.
Sudiana, Dendi, 1986; “Komunikasi Periklanan Cetak”, Bandung; Remadja Karya.
Sudiana, Dendi, 2001; “Klomedia”, Bandung; rumah produksi dendi Sudiana.
Sugiyono, 2011; “Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & B”, Bandung; Alfabeta.
Sullivan, W. G., James A. Bontadell dan Elin M. Wicks, 2000; “Enginneering Economy”, New Jersey; Prentice-Hall.
Surianto, Rustan, 2009; “Mendesain Logo”, Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama.
Suyanto & Salamah, Ummi, 2009; “Riset Kebidanan Metodologi & Aplikasi”, Yogjakarta; Mitra Cendikia Press.
Tjiptono, Fandy, 2000; “Manajemen Jasa”, Yogyakarta; Penerbit Andi.
Wibisono, Guntur, 2015; “Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo”, Yogyakarta: Jurnal Evolusi - Volume 3 No 2 –2015.
Y. Nurhayati, 2010; “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dafdiz Baby Rental And Shop di Bogor”, Bogor: Jurnal Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.
Yosefa, Ferdianto, 2013; “Definisi database management”, Indonesia; QUANTA