PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PERNAFASAN MANUSIA BERBASIS ANDROID UNTUK KELAS VIII di MTs NU 10 PENAWAJA KENDAL

  • Teguh Setiadi Universitas STEKOM
  • Alfi Hasan Prasetyo Universitas STEKOM
  • Edy Siswanto Universitas Sains dan Teknologi Komputer
Keywords: Media Interaktif;, Android;, Sistem Pernafasan Manusia.

Abstract

Metode pengajaran  dengan sistem tatap muka langsung antara guru dan siswa sudah semakin tidak menarik bagi siswa dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa. Proses pembelajaran sistem pernafasan manusia yang masih menggunakan alat peraga yang diajarkan guru tidak terlihat jelas oleh siswa. Apalagi munculnya pandemi Covid-19 yang mengganggu proses pembelajaran offline. Sehingga diperlukan suatu metode pengajaran baru menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android,  khususnya untuk siswa kelas VIII  MTs NU 10 PENAWAJA mata pelajaran Biologi dengan materi sistem pernafasan manusia. Sistem pernafasan manusia adalah suatu sistem yang berfungsi memasukkan udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara yang mengandung karbon dioksida dan uap air. Media pembelajaran interaktif  sistem pernafasan manusia ini dirancang menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 khususnya untuk siswa kelas VIII MTs NU 10 PENAWAJA dengan membuat tampilan animasi serta latihan soal yang berkaitan dengan sistem pernafasan manusia secara menarik.  Hasil ini kemudian diujikan kepada sekelompok siswa dan guru. Sehingga aplikasi ini dapat membantu siswa dalam memahami materi sistem pernafasan dan dapat menjadi solusi alternatif media pembelajaran tentang sistem pernafasan.

References

[1] Atalya Sharon Jerusha Turangan, dkk. 2017. Perancangan Buku Interaktif Belajar Baca Tulis Bagi Orangtua Anak Penderita Disleksia di Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna Vol. 1 Universitas Kristen Petra.
[2] Berto Nadeak, Abbas Parulian, Saidi Ramadan Siregar, 2016. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Internet Dengan Menggunakan Metode Computer Based Intruction. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), Vol. 3 No. 4.
[3] Laksito, Boedi. (2018). Metode Perancangan & Perancangan Arsitektur. Jakarta: Griya Kreasi (Penebar Swadaya Group).
[4] Munir. 2015. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
[5] Prasetya, Hedi. (2015). Pengembangan Media Interactif berbasis CAI (Computer Assisted Intruction) Mata Peajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X SMKN 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 04 Nomor 01 Tahun 2015.
[6] Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
[7] Surjono, Herman Dwi. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.
[8] Sunarta & Suherman. (2017). Apresiasi Seni Rupa. Thafa Media.
[9] Setiadi, T., & Haidar, L. R. (2022). Game Mobile Edukasi interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer), 14(2-c), 549-559.
[10] Setiadi, T., & Haidar, L. R. (2021, December). Media Edukasi Interaktif Berbasis Mobile Learning Untuk Anak Usia Dini. In Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU) (Vol. 1, No. 1, pp. 58-64).
[11] Setiadi, T. (2021). Perancangan Media Pembelajaran interaktif Matakuliah Modeling dan Animasi 3D berbasis Multimedia. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA, 1(2), 119-127.
[12] Setiadi, T., Siswanto, E., & Darmawan, M. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Film 2 Dimensi dengan Mengunakan Metode Frame By Frame: Media pembelajaran berbasis Film 2 Dimensi. Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 2(1), 25-32.
[13] Setiadi, T., & Haidar, L. R. (2021). Mobile Learning Dalam Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode STEAM. JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer), 13(2), 140-149.
Published
2022-10-28