Perbandingan Metode Analytical Hierarchy Process Dan Simple Additive Weighting Dalam Pemilihan Marketplace Terbaik

  • Herlin Putri Agustin Universitas Nusa Mandiri
  • Kharisma Mega Putri Handyani Universitas Nusa Mandiri
  • Vera Febriyanti Universitas Nusa Mandiri
  • Achmad Rifai Universitas Nusa Mandiri
Keywords: marketplace, perbandingan, saw, ahp

Abstract

Dalam pemilihan marketplace terbaik di kalangan masyarakat terdapat beberapa faktor yang menjadi penilaian. Pemilihan marketplace terbaik ini berdasarkan penilaian dari beberapa responden atau kalangan masyakarat maka yang menjadi beberapa faktor penilaian, yaitu : tampilan aplikasi, kualitas produk,  keamanan , pembayaran dan pengiriman. Tujuan yang terdapat dalam penelitian ini dapat memberikan sebuah informasi dalam menggunakan marketpalce dengan cara pemilhan marketplace terbaik dengan menggunakan metode pengumpulan data secara kuesioner melalui pemberian kuesioner kepada seluruh kalangan masyarakat. Data yang sudah dikumpulkan tesebut lalu dilakukan proses analisis data dengan menggunakan perbandingan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW) melalui sistem pendukung seperti expert choise. Dalam hal ini yang menjadi marketplace terbaik adalah Shopee dengan  38,9% untuk penilaian AHP dan penilaian SAW dengan nilai 1 atau 100%.

References

[1] A. Wantoro, “Kombinasi Metode Analitical Hierarchy Process (Ahp) Dan Simple Addtive Weight (Saw) Untuk Menentukan Website E-Commerce Terbaik,” Sistemasi, vol. 9, no. 1, p. 131, 2020, doi: 10.32520/stmsi.v9i1.608.

[2] Qiyamullaily Arista, Nandasari Silvia, and Amrozi Yusuf, “Perbandingan Penggunaan Metode Saw Dan Ahp UntukSistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Baru,” Tek. Eng. Sains J., vol. 4, pp. 7–12, 2020.

[3] A. Y. Amir, P. Aisyiyah, and R. Devi, “Metode Analytical Hierarchy Process dan Simple Additive Wieght Dalam Pemilihan Beasiswa Di Madrasah Ibtidaiyah,” vol. 24, no. 1, pp. 47–58, 2022.

[4] D. Bernadisman and A. Rizqi, “BERBASIS WEB PADA ANUGERAH WIJAYA,” vol. 8, no. 1, pp. 17–25, 2022.

[5] J. I. Matematika, “MATH unesa,” vol. 09, no. 02, pp. 251–259, 2021.

[6] R. J. Tape, “Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Pakan Ternak,” Ranc. Bangun Apl. Marketpl. Pakan Ternak, pp. 1–10, 2021.

[7] G. Gushelmi and D. Guswandi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil Bekas Menggunakan Metode Analythical Hierarchy Process,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 380–386, 2021, doi: 10.47233/jteksis.v3i2.259.

[8] P. Perumahan and D. Kota, “Jurnal Sains dan Informatika,” J. Sains dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 41–47, 2018, doi: 10.22216/jsi.v4i1.

[9] M. Himyar, M. F. Mulya, and J. H. Siringo Ringo, “Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Android Dengan Penerapan QR Code Disertai Foto Diri Dan Lokasi Sebagai Validasi Studi Kasus: PT.Selindo Alpha,” J. SISKOM-KB (Sistem Komput. dan Kecerdasan Buatan), vol. 4, no. 2, pp. 64–74, 2021, doi: 10.47970/siskom-kb.v4i2.186.
Published
2022-10-28