Analisis Pendukung Keputusan Pemilihan Investasi TI Menggunakan Metode TOPSIS (Studi Kasus: Investasi Server)

  • Natasha Christita Setiyono Universitas Ma Chung
  • Khalila Adra Mazalisa Mahardi Universitas Ma Chung
  • Soetam Rizky Wicaksono Universitas Ma Chung
Keywords: Server , investasi, TOPSIS.

Abstract

Server adalah suatu sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam jaringan komputer. Pada sebuah perusahaan terutama perusahaan besar pasti membutuhkan server untuk menyimpan data-data. Dengan adanya kebutuhan server, maka perusahaan perlu melakukan kegiatan investasi untuk masa mendatang. Investasi adalah kegiatan seseorang atau kelompok mendistribusikan uang/sumber daya berharga lainnya pada masa saat ini dan menahan untuk tidak menggunakan uang/sumber daya tersebut hingga waktu yang ditentukan agar memperoleh keuntungan di kemudian hari. Dalam penelitian ini, dipilih beberapa merk server, seperti HPE, Dell, Lenovo, Inspur, dan IBM. Dengan pembahasan mengenai investasi server, akan dilakukan analisis pendukung keputusan. Sebelumnya, dilakukan pemilihan kriteria penilaian dan bobot pada masing-masing merk server. Setelah itu, kriteria dan bobot yang di usulkan akan dihitung dengan menggunakan metode TOPSIS (Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution) untuk keperluan pengambilan keputusan pemilihan server. Hasil penelitian ini, yaitu diperoleh dari perhitungan dan analisis pada masing-masing kandidat dengan menggunakan metode TOPSIS, ditemukan bahwa kandidat server Dell adalah server yang direkomendasikan untuk digunakan sesuai dengan kriteria yang telah dirancang.

References

[1] B. A. Benning, I. F. Astuti, and D. M. Khairina, “Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Perangkat Komputer Dengan Metode Topsis (Studi Kasus: Cv. Triad),” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 2, p. 1, 2015.
[2] H. Hertyana, E. Mufida, and A. Al Kaafi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Dengan Menggunakan Metode Topsis,” J. Tek. Inform. UNIKA St. Thomas, vol. 06, pp. 36–44, 2021.
[3] What-when-how, “Historical Overview of Decision Support Systems (DSS) (information science),” 2017. [Online]. Available: http://what-when-how.com/information-science-and-technology/historical-overview-of-decision-support-systems-dss-information-science/.
[4] E. T. Alawiah and S. Susilowati, “Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Vending Machine Dengan Metode TOPSIS Studi Kasus PT. KAI Commuter Jabodetabek,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. Vol.3, No., pp. 208–215, 2018.
[5] R. Dimas Prakoso, “Implementasi Dan Perbandingan Performa Proxmox Dalam Virtualisasi Dengan Tiga Virtual Server,” J. Manaj. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 79–86, 2018.
[6] N. F. Nuzula and F. Nurlaily, Dasar-Dasar Manajemen Investasi, 1st ed. Malang: UB Press, 2020.
[7] R. Renaldo, E. Y. Anggraeni, and E. R. HC, “Metode Topsis Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Beasiswa Di Stmik Pringsewu,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 9, no. 1, 2019.
Published
2022-05-25