Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management Berbasis Model RFM berbasis WEB

Customer Relationship Management Berbasis Model RFM

  • teguh setiadi Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Edy Siswanto Universitas Sains dan Teknologi Komputer
Keywords: Sistem informasi, Customer Relationship Management, Model Recency Frequency Monetary

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma dalam ilmu komputer untuk membuat sistem pendukung keputusan menentukan nama-nama pelanggan terbaik Albumi IT Store yang mendapatkan reward. Dalam penelitian ini metode yang digunakan basis web bermodel RFM menggunakan database MySQL. Sistem Informasi Customer Relationship Management Bermodel RFM pada Albumi It Store telah mencapai tujuan yang diinginkan.Dengan adanya Sistem Informasi Customer Relationship Management bermodel RFM pada Albumi It store mempermudah dalam Peningkatan Pelanggan dan mempercepat dalam pengolahan data pelanggan Albumi it store. Dimana kriteria penilaian pelanggan terbaik adalah status kunjungan, transaksi dan pembayaran, sehingga dapat membantu proses pemilihan pelanggan terbaik dengan lebih tepat

 

 

 

References

[1] Adiana. B. E, dkk. 2018. ”Analisis segmentasi pelanggan menggunakan kombinasi RFM model dan Teknik Cluster” e-ISSN 2579-5538 JUTEI Edisi Volume.2 No.1.
[2] Ariga. A. R, dkk. 2018. “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pelayanan pelanggan (corporate) devisi BGES pada PT Telkom witel Sumsel” e-ISSN: 2301-8313 Jurnal JRMSI, Vol. 9 No. 1.
[3] Asmara. R. 2017. “Sistem Informasi Pengolahan data penanggulangan bencana pada kantor badan penanggulangan bencana Daerah Padang” ISSN : 2355-7958 Jurnal J-Click, Vol. 3 No. 2.
[4] Aviliani. 2018. “Segmentasi Nasabah Tabungan Mikro Berdasarkan Recency, Frequency, dan Monetary : Kasus Bank BRI” ISSN 1410-8623 Finance and Banking Journal, Vol. 13 No. 1.
[5] Bulotio, S.L.2018. “Penerapan Customer Relationship management (CRM). Gorontalo”. e-ISSN : 2541-2469 Skripsi Sistem Informasi. E Jurnal, Vol. 2 No. 1.
[6] Hidayatullah. D. P, dkk. 2018. “Analisis Pemetaan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means dan LRFM Model Untuk Mendukung Strategi Pengelolaan Pelanggan Pada Maninjau Center Kota Malang” e-ISSN: 2548-964X Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya.
[7] Muningsih. E. 2018. “Komparasi Metode Clustering K-mens dan K-medoids dengan model RFM untuk penegelompokan pelanggan” ISSN: 2338 – 8161 Jurnal Evolusi, Vol. 6, No. 2.
[8] Nifantri. A, dkk. 2019 “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web Mobile pada Coffee Toffe” ISBN 978-602-6204-24-0 FORTEI, 2017.
Published
2022-05-25