Implementasi Metode Umur Piutang Dalam Sistem Informasi Akuntansi Pengendalian Piutang

  • Munifah Universitas sains dan teknologi komputer
Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Pengendalian Piutang, Metode Umur Piutang

Abstract

Secara umum, transaksi kredit membawa risiko piutang tak tertagih. Permasalahan lainnya, kerap kali sistem informasi akuntansi tidak bekerja secara efektif.  Maka dari itu, perusahaan memerlukan sistem informasi akuntansi kontro internal untuk menghindari resiko ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem informasi akuntansi dan sistem pengendalian piutang dalam menentukan data kreditur yang tidak lancar berdasarkan analisa umur piutang dan mempermudah dalam penyajian laporan keuangan secara cepat, tepat dan akurat   PD. BPR BKK Batang Cabang Gringsing bergerak di bidang keuangan ,  yang beralamat Jl. Raya Plelen, Plelen Gringsing Kabupaten Batang Jawa Tengah 51281 Indonesia. Hasil dari peneitian ini adalah Sistem Informasi Akuntansi Pengendalian Piutang Dengan Metode Umur Piutang Pada PD. BPR BKK Batang Cabang Gringsing. Selain itu berdasarkan penelitian tersebut sistem pengendalian piutang di PD. BPR BKK Batang Cabang Gringsing masih kurang memadai dalam hal prosedur , pemantauan serta informasi dan komunikasi kerap kali sistem informasi akuntansi tidak bekerja secara efektif.

References

[1] Sumarsan, T. (2018). Akuntasi Dasar Dan Aplikasi Dalam Bisnis Versi IFRS. Jakarta Barat: PT INDEKS.
[2] Wahyuni, I. M. (2019). Analisa Pengelolaan Kas, Piutang Dan Modal Kerja Untuk Menajaga Likuiditas Pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) JAYA UTAMA Kecamatan Bolo Kabupaten BIMA . Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi , 39-49.
[3] Nuria, I., Daryati, E., Ferdian T. (2021). Analisis Efektifitas Pengelolaan Dan Sistem Pengendalian Piutang Pada Koperasi Pegawai Ri (Kp-Ri) Sagurisi Kabupaten Bungo Periode 2017-2019. Jurnal Ilmiah Akuntansi & Bisnis, Vol 1 No 2
[4] Demak, Y. K., Tinangon, J. .., & dkk. (2018). Analisis Piutang Tak Tertagih Berdasarkan Umur Piutang Pada PT.AIR MANADO. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern , 347-355.
[5] Meliana, D., Wijaya, L. R. P., Dewi, D. N. (2019). Analisis Piutang Tak Tertagih Berdasarkan Umur Piutang Pada PT DMN.
Published
2022-05-25