IMPLEMENTASI METODE R&D PADA SISTEM PENGGAJIAN GURU HONORER

  • Myra Andriana Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Priyadi Priyadi Universitas Sains dan Teknologi Komputer
Keywords: Sistem Informasi, Penggajian, Metode R&D

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada salah satu MTs di Kabupaten Semarang. Sistem penggajian yang ada pada sekolah ini belum terkomputerisasi. Permasalahan yang timbul dengan sistem yang sekarang berjalan adalah adanya kesalahan dalam perhitungan gaji guru. Selain itu dalam pemrosesan perhitungan gaji guru membutuhkan waktu yang cukup lama. Bendahara harus merekap presensi guru dan jadwal mengajar guru sebagai dasar untuk perhitungan gaji, sehingga menjadi kurang efisien. Proses ini memiliki potensi kesalahan yang cukup tinggi yang dapat berdampat pada nominal gaji yang diterima para guru honorer ini tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut dikembangkan sistem penggajian dengan menggunakan metode R&D atau penelitian pengembangan. Pada tahap awal, persyaratan sistem ditentukan dengan mengumpulkan berbagai data dan menganalisis data yang diperoleh. Langkah selanjutnya adalah merancang sistem dengan menggambarkan aliran data dan aliran sistem, merancang tabel, membuat diagram hubungan entitas (ERD), dan merancang antarmuka sistem. Sistem yang dikembangkan juga diuji. Basis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah MySQL. Dengan mengembangkan sistem penggajian yang terkomputerisasi dapat mempermudah dan membuat pekerjaan kasir lebih efisien dalam menentukan kehadiran guru, penjadwalan, menghitung upah dan pelaporan.

References

Gilang Oryza, Prasetyo Feri. 2015. “Uji coba sistem informasi penggajian guru berbasis web pada SMK Tamansiswa Cikampek”. Prosiding SNIT (Seminar Nasional Inovasi dan Tren) : A-274.

Syakur, Muhammad Ali. 2015.”Aplikasi Penggajian Guru Berbasis Web”. Multitek Indonesia Vol.9 No.1 juni 2015.

Kurniawan, Mumtahana, et al. 2019. “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Barang Dengan Metode Economic Order Quantity(Eoq) Berbasis Dekstop Dengan Menggunakan Java Netbeans 8.2 Pada Wijaya Celluler.” Teknologi Humanis di Era Society 5.0: 229–35.

Farell, G., Saputra, H. K., & Novid, I. 2018. Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Surat Menyurat (Studi Kasus Fakultas Teknik Unp). Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan (JTIP), 11(2), 56–62.

Fransisca, Selly, and Ramalia Noratama Putri. 2019. “Pemanfaatan Teknologi RFID Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D) (Studi Kasus : SMK Global Pekanbaru).” Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi 1(1): 73.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Jakarta: Penerbit Salamba Empat.

Imtihan, K., Hadawiyah R., Asyari, H. 2018. “Sistem Informasi Penggajian Guru Honorer Menggunakan Konsep Agile Software Development dengan Metodologi Extreme Programming (XP) pada SMK Bangun Bangsa”. IJNS (Indonesian Journal of Network & Security) Vol. 2, No. 2 : 32-37.

Agusta Alfiandanu, Eko Siswanto. 2015. “Sistem Informasi Pengolahan Data Gaji Dan Perhitungan PPH Pasal 21 Pada CV. Sinar Jasa Teknik Ngaliyan Semarang”. Kompak (Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi)Jurnal ilmiah, Vol. 8 No. 1

Giyarti Arif. “Pengembangan Sistem Informasi Penggajian Pegawai Pada Puslitbang Sda Balai Sabo Yogyakarta”, Junal STMIK AMIKOM Yogyakarta

Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta

Syukron, Akhmad. 2019. “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Desa Berbasis Website Pada Desa Winong.” Bianglala Informatika 7(1): 16–21.

Barek, M. G., Nurnawati, E. K., Sholeh, M. 2019. “Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Perguruan Tinggi”. Jurnal Script Vol . 7 No . 2 : 158–66.

Published
2023-05-15