TRADE TURNOVER AT ANNORA SHOP GORONTALO VIEW FROM SHARIA ECONOMIC PERSPECTIVE

Authors

  • Abdul Latif IAIN SULTAN AMAI GORONTALO
  • Ismail Puhi IAIN SULTAN AMAI GORONTALO
  • Ifniati Pakaya IAIN SULTAN AMAI GORONTALO
  • Andi Mardiana IAIN SULTAN AMAI GORONTALO

DOI:

https://doi.org/10.51903/jiab.v1i2.178

Keywords:

inventory, sales, distribution

Abstract

Proses perputaran barang dagang pada Annora Shop Gorontalo Distribusi tidak terlepas dari proses persediaan  barang proses penjualan dan proses berdasarkan hasil penelitian persediaan barang pada Annora shop Gorontalo didapat dari pihak distributor dengan cara dropship dari daerah jawa dan dipasarkan kembali ke pulau Sulawesi terutama di Gorontalo, palu, Manado, dan daerah lainnya. Untuk penjualan sendiri Annora shop menggunakan metode penjualan secara langsung dan tidak langsung. Sedangkan proses distribusi Annora Shop memakai metode umum pedagang dalam hal ini Annora membeli barang yang dijual dari pedagang besar atau tangan ketiga setelah produsen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perputaran barang dagang pada Annora Shop Gorontalo apakah sudah sesuai dengan persfektif islam melihat, budaya kerja dan proses jual beli yang diterapkan mengarah pada hokum-hukum syariah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumen-dokumen. Pendekatan ini sering disebut juga pendekatan investigasi karena peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsungdan beriteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian. Dilihat dari persfektif ekonomi syariah proses perputaran barang persediaan pada Annora Shop Gorontalo sudah sesuai dengan hokum-hukum perdagangan dimana tidak monopoli barang dagangan sebagaimana Nabi S.A.W melarang umatnya memonopoli barang tertentu untuk menguasai harga barang.

References

Basu Swasth. (2001), Manajemen Penjualan Edisi Ketiga, Yogyakarta. BBFE.

Bohang, F. K. (2018). Berapa Jumlah Pengguna Internet Indonesia. Http://Tekno.Kompas.Com.Ssss

Fahmi, I. (2014). Kewirausahaan, Kasus, Solusi Catakan Kedua. Bandung: Alfabeta.

Fandy Tjiptono Dkk (2008). Pemasaran Strategi, Yogyakarta, Andi Yogyakarta,

Hery. (2014). Akuntansi Dasar 1 Dan 2. Jakarta: P.T Gramedia Widiasarana Indonesia .

Ikbar, D. Y. (2012). Metode Penelitian Sosial Kualitatif. Bandung: P.T Raflika Aditama .

Kasmir. (2014). Kewirausahaan. Jakarta : Rajawali Pers.

Khaerul, M. G. (2005). Akuntansi Keuangan Menengah 1 Edisi Kedua. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Marwoto, S. H. (2014). Pengantar Ilmu Bisnis. Yogyakarta: Parama Publishing.

Marzuki. (2005). Metodologi Riset. Yogyakarta: Ekonisia.

Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Cetakan Ke-14. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya.

Muhammad Gade, S. K. (2005). Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Simamora, H. (2012). Akuntansi Manajemen. Riau: Gate Publisher.

Soemarso. (2008). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: P.T Aneka Cipta.

Sadono Sukirno. (2004) Pengantar Bisnis.(Jakarta, Kencana.

Suharsimi. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Sumardi Suryabrata. (1997). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali

Yusuf As-Sabatin(2014) Bisnis Islam Dan Kritik Atas Praktik Islam Ala Kapitalis.Bogor: Al Azhar Press.

Yuyun Triandini, Manajemen Keuangan Syariah, 2018 , (Triandhini.Blogspot.Com), Diakses Hari Kamis Tanggal 14 Februari 2018., Pukul 16.00

Anisatun Jamilah, Bisnis Dan Jual Beli Online Dalam Islam,2016 (Http://Www.Kompasiana.Com) Diakses Pada Hari Selasa 07 Juli 2020 Pukul 09.00.

Downloads

Published

2021-10-29